Breaking News

Rakernis Pendidikan KP Tahun 2020 Kapusdik Dorong Ciptakan Wirausaha Muda

AMBON,N25NEWS.COM-Dalam rangka pemantapan pelaksanaan kegiatan tahun 2019 dan penyusunan rencana kerja kegiatan tahun 2020, Pusat Pendidikan (Pusdik) KP beserta Unit Kerja Teknis Lingkup Pusdik KP menyelenggarakan ‘Rapat Kerja Teknis Pendidikan Kelautan dan Perikanan Tahun 2018.

Rakernis dengan sorotan tema” Peningkatan Peran Pendidikan Vokasi Kelautan dan Perikanan Dalam Menciptakan Wirausaha Muda,” ini berlangsung di aula Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Waiheru Ambon, Senin(8/4) yang dibuka Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan KKP Dr Bambang Suprakto A.Pi, S.Pi, MT.

Lewat moment Rakernis Kapusdik dorong pendidikan KP cipatakan wirausaha muda dalam menjawab tantangan KKP.

Mewakili Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM) Kelautan dan Perikanan KKP Kapusdik dalam arahan pembukaan Rakernis mengatakan, secara pribadi dan kelembagaan menyambut baik aprsiasi yang disampaikan Wakil Walikota Ambon yang telah memberikan respon dan dukungan penuh atas penyelenggara Raksrnis KKP di Kota Ambon hingga selesai.

Untuk itu sebagai konsep Indonesia sebagai Poros Maritim sesuai arahan Presidan. Hal ini dapat diwujudkan melalui pembangunan kembali budaya maritim Indonesia; menjaga sumber daya laut dan menciptakan kedaulatan pangan laut dengan menempatkan nelayan pada pilar utama.

Selain itu, dapat diwujudkan dengan menerapkan diplomasi maritim, melalui usulan peningkatan kerja sama di bidang maritim; serta upaya menangani sumber konflik dan membangun kekuatan maritim sebagai bentuk tanggung jawab menjaga keselamatan pelayaran dan keamanan maritim.

Baca juga :   Buat Bangga, Siswa MIS Al-Hilal Naira Pertama Kali Berlaga di KSM Nasional 2019

Dalam kesempatan itu juga Suprakto, menyampaikan bahwa Pusdik KP perlu melakukan akselerasi dan pemantapan pelaksanaan kegiatan dan anggaran tahun 2020 sebagai kegiatan prioritas nasional agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Saat ini kita juga telah dihadapkan dengan penyusunan kegiatan dan anggaran tahun 2020. Selain itu kita perlu melakukan respon terhadap isu-isu strategis seperti pengelolaan satuan pendidikan menengah/kejuruan sebagai kewenangan pemerintah provinsi dan Revolusi Industri 4.0 berjalan secara eksponensial,” papar Bambang.

Rapat kerja teknis pendidikan KP terlaksana guna memantapkan pelaksanaan kegiatan pendidikan kelautan dan perikanan Tahun 2020 dan merumuskan kebijakan dan strategi pencapaian target kinerja pendidikan kelautan dan perikanan Tahun 2020.

Melalui rapat ini, diharapkan terciptanya rekomendasi langkah-langkah strategis dalam memantapkan pelaksanaan kegiatan tahun 202), rumusan kebijakan penyelenggaraan praktek Teaching Factory (Tefa) dan kewirausahaan, serta rumusan kebijakan dan strategi rencana kinerja pendidikan kelautan dan perikanan tahun 2020.

Sebelumnya Wawali Kota Ambon Syarief Hadler dalam arahan singkatnya menyampaikan apresiasi Pusdik KKP menunjukan Kota Ambon sebagai penyelenggara Rakernis Pendidikan KP.

Reporter : Rohim

Editor :Redaksi

About admin

Check Also

LPDP Maluku Berpartisipasi Dalam THE 3RD EDUCATION EXPO 2019 UNPATTI

AMBON,N25NEWS.COM – Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) sebagai Badan Layanan Umum dibawah Kementerian Keuangan RI …