Breaking News

Rapat Pleno Evaluasi TPAKD Bersama OJK Provinsi Maluku

AMBON,N25NEWS.COM-Rapat Pleno Evaluasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) yang di fasilitasi oleh Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Maluku,yang berlangsung di Swiss Bel Hotel Ambon,selasa (2/7/2019).

Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno dalam membacakan sambutan Gubernur Maluku mengatakan Rapat Pleno Evaluasi terhadap kinerja capaian TPAKD merupakan forum koordinasi dan evaluasi antar pemerintah daerah dan steakholder terkait untuk meningkatkan percepatan akses keuangan daerah.

“Saya sampaikan bahwa perkembangan perekonomian Maluku pada tahun 2018 posetif sebesar 5,94 persen,angka ini meningkat dari tahun 2017 yang mencapai 5,81 persen,”kata mantan Bupati MBD ini.

Jelasnya,pertumbuhan ekonomi provinsi Maluku menurut laporan usaha di dominasi tiga (3) kategori lapangan usaha yakni pertanian,kehutanan dan perikanan.

Adapun,beberapa tantangan dalam rangka memperluas akses keuangan daerah yang masih dihadapi seperti,listrik dan jaringan internet dan wilayah administrasi kepulauan yang belum sepenuhnya mendukung perluasan akses percepatan keuangan dan tingginya biaya transportasi dan logistik dimana hal ini merupakan konsekuensi dari daerah berciri kepulauan.

Baca juga :   Stok Cabai Rawit Merah Di Pasar Ambon Kosong

Selain itu,beberapa persoalan penting terkait akses percepatan keuangan daerah diantaranya mempercepat peningkatan literasi keuangan bagi masyarakat.Tansaksi non tunai,perluasan akses permodalan bagi UMKM serta mendorong pembentukan Jamkrida sebagai lembaga Jasa keuangan khusus (LJKK).

“Untuk mengatasi tantangan diatas,saya harapkan kepada TPAKD agar terus meningkatkan koordinasi dan saling bersinergi dalam upaya mempercepat akses keuangan daerah di Maluku,”tandas Orno.

Dengan demikian Pemda melalui Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD) Tahun 2019-2024 dengan visi Maluku yang terkelola secara jujur bersih dan melayani,terjamin dalam kesejahteraan serta berdaulat atas gugusan kepulauan.

Reporter : Aris Wuarbanaran
Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Harga Kebutuhan Pokok Di Pasar Ambon Masih Stabil Dan Cukup

AMBON,N25NEWS.COM-Harga-harga kebutuhan pokok di salah satu pasar tradisional Mardika Ambon hinga pekan ke 2 masih …