Home / Maluku / Ratna Komala : Perlu Adanya Penguatan Literasi Kode Etik Jurnalistik
Ratna Komala Ketua Komisi Penelitian,Pendataan dan Ratifikasi Perusahan Pers

Ratna Komala : Perlu Adanya Penguatan Literasi Kode Etik Jurnalistik

AMBON,N25NEWS.COM-Dewan Pers akan bekerkerja sama dengan Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) dalam rangka meningkatkan profesionalisme kualitas wartawan dan medianya atau perusahan dari media tersebut.

Hal tersebut disampaikan Ratna Komala Ketua Komisi Penelitian,Pendataan dan Ratifikasi Perusahan Pers pada acara penguatan dan pemberdayaan ekosistim pers melalui ketersediaan infrastruktur telekomunikasi dan informasi di seluruh provinsi di Indonesia,di Hotel Santika Premire Ambon,kamis (27/92018).

Lebih lanjut Ratna Komala mengatakan,”Kebetulan Kominfo ini khususnya dibagian pembangunan infrastruktur telekomunikasi itu punya program di 34 provinsi jadi kita ke Ambon,seminggu itu ada 2 provinsi yang mengadakan kegiatan seperti ini,”kata Ratna Komala.

Pada intinya kita memanfaatkan momen ini sebab dewan pers itu hanya di Jakarta,maka kami ke daerah untuk memberikan literasi,training dan kemudian sekaligus juga ada kegiatan verifikasi karena verifikasi yang sebegitu banyak akan memberikan dampak yang posetif bagi media dan perusahan media tersebut.

“Makanya kita datang,lebih banyak media yang siap itu buat dewan pers akan lebih baik,karena pastinya yang terdaftar kan lebih banyak,nah termasuk juga kali ini dewan pers melakukan penelitian di 34 provinsi untuk mengetahui pemahaman dan penerapan kode etik jurnalistik dikalangan wartawan,”jelas Ratna Komala.

Dewan pers memberikan kuisener sebagai acuan bahwa wartawan sekarang paham sekaligus menerapkannya,”ada wartawan yang paham tapi tidak menerapkan ini pasti ada kendala kan,situasi seperti apa yang sebenarnya menghalang atau menjadi kendala buat wartawan dalam penerapan kode etik jurnalistik,”tandas Ratna Komala.

Oleh : Aris Wuarbanaran

About admin

Check Also

Musaad Buka Diklat Revolusi Mental, Fungsional Guru dan Teknik Penilaian Angkah Kredit Penghulu

AMBON,N25NEWS.COM – Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku Fesal Musaad membuka Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) …