Breaking News

Ratusan Siswa MDT Ikut UABN 2019

AMBON,N25NEWS.COM – Tercatat sedikitnya  154 siswa/sipswi Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) Awalitah tingkat provinsi mengikuti Ujian Akhir Berstandar Nasional (UABN) tahun ajaran 2018/2019.

UABN yang berlangsung selama empat hari sejak senin kemarin dan dipantau langsung Kabid Pakis Kanwil Kemenag Maluku La Fatah S.Ag berlangsung aman dan lancar.

Fatah yang dikonfirmasi koran ini diruang kerjanya, Kamis(2/5) mengatakan, MDT Awalitah merupakan pendidikan keagamaan Islam non formal yang bertujuan untuk memperdalam ilmu-ilmu keagamaan secara umum dan melengkapi Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah umum tingkat SD serta penguatan terhadap pendidikan non formal.

Dimana kebutuhan peserta didik dilembaga pendidikan formal umum sangat sangat dirasakan, mengingat terbatasnya porsi PAI dalam struktur kurikulum yang diikuti.

Baca juga :   Serius Sukseskan Program Tuntas SMP Negeri 6 Ambon Datangkan Mahasiswa PPL Dari Thailand

“MDT merupakan bentuk satuan pendidikan keagamaan non formal yang diselenggarakan secara berjenjang,”jelas Fatah.

Dimama dalam peraturan Menteri Agama nomor 13 tahun 2014 telah disebutkan MDT memiliki jenjang Ula, Wustha Ulyah dan Al Jami’ah yang secara kelembagaan MDT merupakan jenis pendidikan yang berfungsi untuk menyempurnakan PAI yang didapat peserta didik pada satuan pendidikan formal yang dimulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi.

“MDT adalah satuan pendidikan keagamaan Islam non formal yang menyelenggarakan pendidikan agama Islam sebagai pelengkap bagi santri dan pasca SLTA atau sederajat dalam rangka penguatan pemahaman moderasi Islam dan penguatan pendidikan berkrakter bagi santri.

Reporter : Gali M

Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Program Tuntas Memcapai Target Di SMP Negeri 6 Ambon Resmi Di Jalankan

AMBON,N25NEWS.COM – Berbagai program yang telah dirancangkan oleh kepala sekolah beserta dewan Guru SMP Negeri …