Home / Pariwisata / Ratusan Wisatawan Asal China Akan Berkunjung ke Maluku
Kepala Dinas Pariwisata Maluku, Habiba Saimima

Ratusan Wisatawan Asal China Akan Berkunjung ke Maluku

AMBON,N25NEWS.COM – Dinas Parwisata (Dispar) Provinsi Maluku mulai memantapkan kesiapan daerah menyambut kunjungan wisatawan asing asal China ke Maluku. Upayah itu dilakukan lewat koordinasi lintas sektor, yang melibatkan pengusaha perhotelan, Angkasa Pura, travel, praktisi wisatawan hingga pihak kepolisian. Rapat koordinais dilakukan di Kantor Dispar Maluku, pada Selasa (10/10/2018)

Kepala Dinas Pariwisata Maluku, Habiba Saimima mengatakan, rencana kunjungan turis asal China ke Maluku telah dikoordinasikan dengan Manado yang menjadi satgas dalam kunjungan tersebut. Menurut Habiba, Manado mengapresiasi kesiapan Maluku untuk menerima kunjungan turis China.

“Seperti gayung bersambut, dari Manado mengaku senang Maluku mau membuka akses kunjungan wisata turis China. Sementara kita terus membangun koordinasi untuk menyiapkan sarana dan prasarana kebutuhan pariwisata di Maluku,”ujar Habiba, Selasa (10/10/2018).

Dijelaskan, dalam rapat tersebut telah disampaikan berbagai kesiapan dari masing-masing pihak, seperti transportasi dari Dinas Perhubungan, Perhotelan, bandara hingga pengelola objek wisata dan pelaku usaha kuliner.

“Seperti yang kita  tau, turis asal China ini memang agak selektif. Karenanya kesiapan semua yang berhubungan dengan parwisata harus dimaksimalkan. Kita ingin membangun image positif agar kunjungan tersebut bisa terus berjalan,” harap Habiba.

Untuk memantapkan koordinasi tersebut, Habiba mengatakan, Dispar akan membentuk Satgas hingga ke seluruh Kabupaten di Maluku. Tujuannya agar pengembangan sektor pariwisata bisa dikoordinasikan secara langsung dan terarah.

Kunjungan turis Asal China, tambah Habiba, memang sudah berjalan beberapa bulan terakhir, namun jumlahnya tidak terlalu besar. Dispar Maluku berharap 10 persen dari kunjungan wistawan China di Manado bisa langsung ke Maluku.

“Saat ini kurang lebih ada dua ribu wisatawan asal China yang berkunjung ke Manado. Kita berharap sepuluh persennya bisa rutin ke Maluku,” terang Habiba.

Dikatakan, pihaknya akan berupaya memaksimalkan akses trasnportasi dari Manado ke Maluku, termasuk pengembangan infrastruktur pariwisata. Sementara ini penerbangan dari Manado-Maluku menggunakan pesawt jenis ATR 72 yang berkapasitas 78 penumpang.

“Dalam rapat tersebut dketahui jika pesawat Garuda Indoneisa rencana mengganti armadannya dengan yang berkapasitas lebih besar,” terangnya.(**)

About admin

Check Also

Saimima Bantah Pernyataan Huwae Terkait Krisis Pariwisata di Maluku

AMBON,N25NEWS.COM-Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku Habiba Saimima mengkanter pernyataan Ketua DPRD Provinsi  Maluku Edwin Adrian …