pengungsi desa Waai

Realita Pengungsi Dusun Kamarue Desa Waai

AMBON,N25NEWS.com-Gempa bumi yang tejadi secara berentetan pekan lalu membuat masyarakat di dusun Kamarue Bawa desa Waai Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah (Malteng),menderita dan masih tetap bertahan di tempat pengungsian,

Hal ini terungkap saat awak media mengunjungi tempat pengungsian tersebut senin,(26/9/2019)

Dari pantauan N25NEWS.com,dilapangan terlihat warga dusun Kamarue masih tetap bertahan di tempat-tempat pengungsian guna menjaga kemungkinan terjadi gempa susulan,pasca gempa besar yang dua kali yakni pada tanggal 26 September dan 10 Oktober 2019.

Sementara itu,akses jalan menuju dusun pengungsian Kamarue yang cukup jauh dengan melewati medan berbukit-bukit,jadi tak heran bila daerah tersebut sangat sulit mendapatkan air bersih,hal ini tak selaras dengan nama desanya, Waai yang artinya air.

Selain itu,anak-anak sekolah masih enggan ke sekolah sebab mengingat jarak tempat pengungsian dengan sekolah mereka sangat jauh,kendaraan yang biasa di pakai adalah jasa ojek,sementara di tempat pengumgsian warga belum bisa bekerja.

Diketahui,pemerintah dan berbagai instansi memang talah melakukan berbagai upaya pasca gempa yakni dengan berbagai bantuan yang disalurkan melalui posko-posko yang telah disediakan.

Hanya saja masyarakat sangat mengarapkan kepastian dari  pemerintah untuk kapan warga bisa kembali ke desa mereka.

“Kalau pemeintah pastikan dan menjamin kami kembali ke negeri kami,maka kami akan kembali,biar pemerintah tidak membantu kami,tapi kami pastikan hanya bisa kembali ke negeri Waai,”tandas salah seorang warga pengungsi.

Reporter    : Aris Wuarbanaran

Editor       : Redaksi

Check Also

187 PSK Di Lokalisasi Tanjung Batumerah Tidak Miliki KTP Ambon

AMBON,25NEWS.COM-Berdasarkan data Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Ambon tercatat dari 187 Pekerja Seks Komersial (PSK) …

×

N25NEWS.com