Rego, DTKS Sangat Penting Guna Mendukung Reformasi Sistem Perlindungan Sosial

Rego, DTKS Sangat Penting Guna Mendukung Reformasi Sistem Perlindungan Sosial
AMBON,N25NEWS.com- Pelaksanaan acara Pendataan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), sangatlah penting sehingga PK akan ditempatkan dalam kerangka yang lebih luas, yaitu untuk mendukung reformasi sistem perlindungan social yang menjadi focus pembangunan pada tahun 2021.

Hal tersebut disampaikan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Dra. Renta Rego saat menyampaikan sambutannya pada acara Pelaksanaan Gladi Bersih PK21 Pendataan Keluarga 2021” yang dilaksanakan di Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Ambon, selasa (24/11).

Menurutnya, dampak pandemi COVID-19 juga turut memberikan tekanan besar pada berbagai aspek kehidupan. Kondisi ini telah mengakibatkan terganggunya pelaksanaan program di setiap sektor, distribusi rantai pasok komoditas, penurunan aktivitas pada berbagai kelompok kegiatan serta penurunan mekanisme operasional di lini lapangan.

Selain itu, sesuai dengan RPJPN 2005 – 2025, sasaran pembangunan jangka menengah 2020 – 2024 adalah mewujudkan masyarakat Indonesia yang mandiri, maju, adil, dan makmur melalui percepatan pembangunan di berbagai bidang dengan menekankan terbangunnya struktur perekonomian yang kokoh berlandaskan unggul kompetitif di berbagai wilayah yang didukung SDM yang berdaya saing.
Dalam RPJMN 2020 – 2024 terdapat tujuh prioritas nasional, dan yang terkait langsung dengan sumber daya manusia adalah peningkatan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berdaya saing, serta pewujudan revolusi mental dan pembangunan kebudayaan.

“Mengingat RPJMN 2020 – 2024 telah ditetapkan melalui Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020, maka kita perlu melakukan penyesuaian-penyesuaian terhadap perencanaan yang telah disusun supaya lebih adaptif dalam merespon isu strategis yang terjadi, terutama dengan adanya pandemi COVID-19 ini ,”jelasnya.

Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan penajaman perencanaan pembangunan setiap tahunnya dengan memastikan kebijakan yang disusun benar-benar dapat merespons situasi terkini sehingga diharapkan tetap dapat mendukung pencapaian target pembangunan pasca pandemi COVID-19.

“Untuk dapat mencapai hal tersebut, maka pendataan menjadi kunci bagi keberhasilan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di berbagai sektor. dalam RPJMN dan menjadi salah satu kegiatan prioritas yang perlu mendapat perhatian kita semua,”tandasnya.

Adapun diketahui, RPJMN menjadi diprioritas yakni, prioritas Nasional ke-3 meningkatkan Sumber Daya Manusia Berkualitas dan berdaya saing, Program Prioritas ke-1 Perlindungan Sosial dan Tata Kelola Kependudukan, dalam kegiatan Prioritas ke-4 Pemaduan dan Sinkronisasi Kebijakan Pengendalian Penduduk dan Proyek Prioritas Pemanfaatan Data dan Informasi Kependudukan.

Sumber : Neima Nurjannah, SE

Editor : Aris Wuarbanaran

 

Check Also

Bangga Kencana Harus Terus Dilaksanakan, Rego : Utamanya Untuk Penguatan Vasektomi

AMBON,N25NEWS.com –Masa pandemi COVID-19 ini, pemerintah menghimbau agar menerapkan phisikal distancing dan work from home, …