Relawan Covid – 19 di Maluku Sayangkan Indonesia Lambat Produksi Vaksin

AMBON,N25NEWS.com -Salah satu relawan kesehatan untuk penanganan dan pencegahan covid – 19 di Kabupaten Seran Bagian Timur, Provinsi Maluku, Damin Rumatella mengatakan, Indonesia seharusnya tidak ketinggalan dalam kompetisi produksi vaksin.

Ia menekankan agar Indonesia bisa membuat vaksin antivirus corona sendiri, sehingga wabah pandemi ini dapat segera teratasi.

“Negara-negara luar lainnya berlomba-lomba membuat vaksin. Para ilmuan mereka dikerahkan untuk bisa membuat vaksin antivirus yang benar-benar ampuh. Sementara negara kita masih sibuk berdebat tanpa menawarkan solusi atas persoalan wabah virus ini,” kata Damin Rumatella kepada media ini lewat akun media sosialnya, Selasa (26/5).

Damin dalam sorotannya juga menilai, pemerintah dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19 di hampir semua daerah di Indonesia begitu kesulitan mengadakan reagen untuk tes polymerase chain reaction (PCR). Hal ini disebabkan minimnya laboratorium guna mendukung pemeriksaan spesimen.

Padahal tes PCR secara masif sangat penting dalam penanganan orang terpapar dan upaya menghentikan covid – 19.

“Kunci penanganan covid ini adalah tes PCR, data dan pelacakan,” jelasnya.

Meskipun demikian, dirinya sebagai relawan yang turut berjuang bersama tim medis lainnya dalam penanganan covid – 19 berharap kepada masyarakat agar senantiasa mengikuti anjuran pemerintah dan kesehatan dengan tetap menjaga jarak, diam di rumah serta mengikuti protokol kesehatan lainnya.

Terkait spekulasi covid – 19 adalah hasil konsprirasi dunia, Damien menepis, bahwa saat ini sudah tercatat puluhan tenaga medis yang menjadi korban dalam penanganan covid. Tidak ada bukti bahwa ini adalah rekayasa sosial yang sengaja diciptakan.

“Virus ini benar ada. Kita punya tenaga medis banyak yang terpapar dan juga meninggal. Ini nyata, bukan spekulasi atau tipuan,” tandas Damien.(**)

Check Also

DPD PDI Perjuangan Prov Maluku, Bagikan Paket Untuk Masyarakat Muslim

AMBON,N25NEWS.com –  Memasuki Idul Fitri 1syawal 1441 H, Keluarga besar DPD PDI Perjuangan Provinsi Maluku …