Home / Kota Ambon / Rencanakan Track Laut, Dishub Percepatkan Bangun Dermaga Amahusu

Rencanakan Track Laut, Dishub Percepatkan Bangun Dermaga Amahusu

AMBON,N25NEWS.COM – Rencana Pembangunan Pelabuhan Lokal, Dermaga Amahusu kini memasuki Tahap II Pengerjaan.

Sebelumnya pada Tahapan I, Kesiapan lahannya sudah ada. Hanya tinggal beberapa pengerjaan lanjutan yakni Presstil bersama dermaganya saja.

Untuk itu, Dinas Perhubungan Kota Ambon Telah menyiapkan sejumlah alokasi dananya guna diselesaikan pengerjaan dermaga tersebut.

Hal ini diakui oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Robby Sapulette bersama dengan Kunjungan Komisi III DPRD Kota Ambon (21/02) kemarin tepat pada lahan pembangunan Dermaga.

Dikatakannya, Setelah pembangunan dermaga ini selesai maka beberapa aktifitas lainnya masih bisa di fungsikan. Salah satunya dengan membuka jalur track laut.

“Rencana track laut ini pula di buat guna mengurangi kemacetan angkutan di jalur darat. Apalagi kondisi kota Ambon saat ini sudah padat. Sehingga track laut ini akan berfungsi,” ucap Sapulette.

Lebih lanjut, dalam hal ini beberapa track laut juga perlu di tambah. Seperti halnya track laut tujuan Amahusu – Mardika yang sementara di bangun, tujuan mardika-kota Jawa dan mardika-waiyame yang sudah ada , mardika-tawiri/laha yang juga akan direncanakan serta Mardika-ke teluk dalam.

“Nah, jalur track laut tersebut harus ada supaya orang jangan hanya terfokus kepada angkutan jalur darat,” tukasnya.

Disamping itu, terkait perencanaan kedepan, Dinas Perhubungan kota Ambon sudah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi supaya fleksibility study nya di jangkau oleh pihak kementerian Perhubungan langsung.

“Kalau pihak kementerian bisa memfasilitasi untuk bangun dermaga itu lebih baik lagi. Proses pemanfaatan teluknya pula bisa dijadikan sebuah media untuk pergerakan arus orang dan barang,” ujarnya.

Akan tetapi, katanya dalam tahap ini ada persoalan yang mesti di ubah. Salah satunya masalah jenis angkutan.

“Jujur saja, angkutan yang ada sekarang kurang layak untuk di gunakan. Sehingga angkutan seperti Speed Boat memang harus di modified sebagus-bagusnya. Selain layak digunakan, juga bisa menjamin keselamatan penumpangnya,” tandasnya.

Selain itu, percepatan pembangunan dermaga ini pula di capai dalam rangka Ambon menuju kota wisata sehingga di tekankan Sapulette agar secepatnya kalau bisa supaya orang bisa menikmati.

“Terkait alokasi dananya, untuk lahan ini saja mencapai Rp 3,9 Triliun dan dermaga serta Presstil nya di sediakan Rp 3,4 Triliun,” tutupnya.
(Amy Latuny)

 

About admin

Check Also

Pemkot Gelar FGD Pantahelix

AMBON,N25NEWS.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Pariwisata Kota Ambon menggelar Forum Group Discusion …