Renhoat,Rumah Dinas dan Tenaga Guru Hambat Peningkatan Pendidikan di Kota Tual

TUAL,N25NEWS.Com – Melalui Rapat Kerja Kepsek/Madrasah Kota Tual Tahun Anggaran 2019 Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mohamad Zein. Renhoat S, PdI saat di temui sabtu(05/10/2019)di ruang kerjanya menyampaikan akan mengevaluasi hasil program kerja dari yang selama ini telah berjalan.

Menurutnya,salah satu yang akan di evaluasi dan dibenahi adalah kekurangan tenaga guru ASN pada setiap sekolah,
Untuk itu kata Renhoat, sistem buka tutup yang menjadi konsep dasar untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan di wilayah Kota Tual selama ini,menjadi solusi tepat untuk mendorong program pemerintah kedepan.

“Untuk di ketahui,tujuan dari Sistem buka tutup ini adalah untuk membagi tenaga guru ASN di setiap sekolah secara merata sesuai dengan kubutuhan sekolah dan di bantu oleh tenaga guru kontrak,”jelas Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tual ini.

Penyebab kurangnya tenaga Guru ASN sebagaimana yang di ungkapkan Renhoat pada N25NEWS.com,disebabkan oleh moratorium secara Nasional oleh pemerintah pusat sehingga berdampak bagi pemerintah Kota Tual dalam meningkatkan program kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

“Walau ada penerimaan CPNS pada tahun kemarin Kota Tual mendapatkan tenaga guru ASN sebanyak 64 orang yaitu SMP sebanyak 50 orang dan SD sebanyak 14 Orang,namun hal ini belum cukup untuk menjawab kebutuhan guru di Kota Tual,”ujarnya.

Olehnya karena itu jelas Renhoat,dengan pengangkatan tenaga guru kontrak oleh Pemerintah daerah,hal ini dilakukan untuk menjawab terpenuhinya kebutuhan pendidikan di setiap sekolah yang ada di Kota Tual.

Diapun mengakui adanya kelalaian dari oknum tenaga guru ASN dan Kontrak di Kecamatan Toyando, Kecamatan Kur dan Kecamatan Kur Selatan disebabkan oleh moral guru itu sendiri dan fasilitas perumahan guru yang menjadi kendala selama ini.

Terkait Perumahan guru Renhoat menjelaskan, dalam tahun ini Pemerintah Kota Tual melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan telah mencanangkan program rumah dinas guru SD dan SMP di setiap Kecamatan di Kepulauan Tonyando Tam, Kur dan Kur Selatan.Sehingga kelalaian-kelalaian yang di buat guru selama ini dapat di hindarkan.

Terkait pembangunan rumah dinas guru SD dan SMP menurut Renhoat,dananya bersumber dari APBD yang telah diprogramkan pemerintah melalui Dinas Pendidikan Kota Tual secara bertahap setiap tahun.

Mengenai bantuan Kementerian Dijelaskan Renhoat bahwa program dari Kementrian Pendidikan saat ini masih berfokus pada peningkatan sarana dan prasarana pendidikan secara nasional dan belum menyentuh pada program pembangunan rumah dinas guru pada tingkat SD dan SMP.

Sehingga Renhoat mengharapkan, kedepan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) dapat diperuntukan untuk program pembangunan pendidikan di Kota Tual.

Reporter :Pae Rahakbauw

Editor : Redaksi

Check Also

Bangun Komitmen Bersama,Pemda Tual dan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Gelar RAKERKESDA

TUAL,N25NEWS. Com – Pemerintah Kota Tual bersama Dinas Kesehatan Provinsi menggelar RAKERKESDA senin (30/09/2019) di …

×

N25NEWS.com