Sekda Maluku Kasrul Selang

Resmi! Mulai Besok PNS Berkantor Di Rumah

AMBON,N25NEWS.com-Menindaklanjuti keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo,maka Pemda Maluku secara resmi mengumumkan bahwa aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) akan melaksanakan kerja dari rumah (work from home).Kegiatan ini dimulai besok hingga akhir Maret.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku,Kasrul Selang usai menggelar rapat terbatas pencegahan Covid-19 kepada awak media di Kantor Gubernur Maluku,rabu (18/3).

Lebih lanjut,Sekda mengatakan Keputusan tersebut diambil guna meminimalisir penyebaran virus corona (Covid-19) di Provinsi Maluku.Selain itu, Dia menegaskan, tidak semua ASN bekerja di rumah. Harus ada dua level pejabat struktural yang masuk kantor untuk mengawasi kinerja ASN.

“Jangan berpikir ini libur ya. Karena laporan kinerjanya harus ada dan ini jadi tanggung jawab masing-masing pejabat pembina kepegawaian (PPK),namun sewaktu-waktu PNS harus siap kalau dipanggil ke kantor,”kata Sekda.

Adapun,dalam pelaksanannya, Pemerintah Provinsi Maluku berpatokan pada Surat Keputusan (SK) Gubernur Maluku Nomor : 448-12 Tahun 2020 tentang sistem kerja ASN dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkup Pemda Maluku.

“Surat edaran ini sebagaimana pedoman bagi instansi pemerintah daerah untuk pelaksanaan tugas kedinasan yang berkait dengan ASN untuk kerja di rumah bagi ASN dalam upaya pencegahan dan meminimalisir penyebaran Covid-19,”jelas Sekda.

Sementara itu,Pemda telah memiliki surat instruksi,kepada semua pejabat atau PNS yang baru pulang dari luar daerah,dimana paling kurang tiga hari harus melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Jadi kalau pejabat atau ASN merasa panas,atau sakit meskipun itu pejabat struktural mereka tidak perlu ke kantor,namun langsung memeriksa kesehatan di unit pelayanan kesehatan terdekat atau puskesmas dan rumah sakit,”tandas Sekda.

Reporter         : Aris Wuarbanaran

Editor              : Redaksi

 

Check Also

Maluku Terkonfirmasi Satu Orang Positif Terjangkit  Virus Corona

AMBON,N25NEWS.com – Sekretaris Daerah Maluku (Sekda)Maluku Kasrul Selang  yang juga sebagai Ketua  Gugus Tugas Covid …