Home / Ekonomi / Retribusi Lelang Ikan Meningkat Drastis

Retribusi Lelang Ikan Meningkat Drastis

AMBON,N25NEWS.COM – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Retribusi Ikan pada PT. Mina Maluku Sejahtera, desa Erie Kecamatan Nusaniwe mengalami kemajuan pesat hanya dalam kurun waktu satu bulan.

Hal ini diakui Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Ambon, Steve B Patty saat memberi keterangannya dalam kunjungan Komisi III DPRD Kota Ambon kemarin, Rabu (21/02/18) pada pusat pelabuhan ikan, Desa Erie Latuhalat.

Oleh Patty dikatakan, pantas saja kalau kecamatan Nusaniwe layak di jadikan sebagai ikon ikan terbesar.

” Sebagaimana Peraturan Daerah yang kita punya terkait tempat pelelangan ikan, sehingga dari hasil lelang tersebut kita peroleh retribusinya,” pungkasnya.

Olehnya dikatakan pula, lelang ikan ini juga sudah dijalankan oleh tukang lelang di kawasan pasar arumbae, Jl.Pantai Mardika Ambon. Sehingga ini menjadi track record kita saat ini.

Disamping itu, Ketua Komisi III, Yusup Wali sempat menanyakan kepada pihaknya, tentang cara penagihan pada lelang ikan tersebut.

” Sebenarnya di tahun kemarin, bisa saja PAD kita naik. Kadis sebelumnya pintar. Hanya saja salah mengelola jalanya perikanan kita, makanya PAD untuk retribusi saja tidak meningkat,” ujar Anggota Komisi.

Kata Patty, “Kemarin saya sudah menemui para tukang lelang disana. Alhasil dari lelang ikan tersebut berdasarkan harga transaksi. Misalkan harga sebakul ikan Rp 500.000 hasilnya kita bagi, kepada pemilik ikan dikenakan sebesar 1,5 % sedangkan untuk juru lelang / pembeli di kenakan 2 % dari harga transaksinya. Nah, aturan ini kemudian telah di atur oleh Perda Nomor 11 tahun 2000,” paparnya.

Sebelumnya, dikatakan aturan perda memang berlaku dan sudah jalan akan tetapi tidak sesuai dengan harapan .

“Untuk itu, yang sekarang saya lakukan ialah panggil semua para juru lelang serta pemilik ikan dan semua yang terkait dalam retribusi pelelangan ikan kemudian kita sosialisasikan,” Tutur Patty.

” Bayangkan saja, dalam sebulan ini dari hasil retribusi saja PAD kita sudah mencapai Rp 4,7 jt itupun hasil sebulan yang kita peroleh saat ini sama dengan PAD setahun Kemarin,” tandasnya.

“Itu berarti, kemajuan PAD kita di tahun ini meningkat hanya karena retribusi yang baru berjalan selang waktu sebulan”, tutupnya. (Amy Latuny)

About admin

Check Also

Dua Kota Di Maluku Jadi Pilot Project Pengalihan Bentuk Bantuan Rastra

AMBON,N25NEWS.COM – Terhitung mulai bulan Oktober ini,  bantuan Beras Sejahtera (Rastra) yang sebelumnya diberikan kepada …