Home / Maluku / RKPD 2019 Prioritaskan Kemiskinan dan Pengangguran Di Maluku

RKPD 2019 Prioritaskan Kemiskinan dan Pengangguran Di Maluku

AMBON,N25NEWS.COM – Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah.

Untuk itu, terkait rancangan awal Rencana Kerja Pemrintah Daerah (RKPD) dibahas bersama Kepala Perangkat Daerah dan pemangku kepentingan untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan.

Diakui oleh Sekertaris Daerah Provinsi Maluku, Hamin Bin Taher, pada acara Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Provinsi Maluku Tahun 2019, Rabu (14/03/18) Pada Lingkup Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon.

Dikatakannya, salah satu masukan penting dalam proses penyusunan RKPD yakni pada tahapan ini ada pokok – pokok pikiran dari semua pemangku kepentingan salah satunya DPRD.

“Saya berharap kepada DPRD Povinsi Maluku dapat melakukan penyusunan masa reserse diawal tahun ini agar dapat diintegrasikan dalam penusunan rancangan RKPD Provinsi Maluku,”katanya.

Berdasarkan hasil evaluasi terhadap pembangunan tahun 2017 terdapat permasalahan yang harus di atasi diantaranya, tingkat kemiskinan dan pengangguran yang masih cukup tinggi, sumber daya manusia (SDM) belum merata terhadap layanan pendidikan dan kesehatan, serta peningkatan ekonomi, perdagangan, dan investasi secara signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja.

Sedang, Cakupan terhadap infrastruktur dasar seperti listrik, air bersih, sanitasi perumahan belum merata, akses terhadap kebutuhan pangan belum optimal, juga pengelolaan lingkungan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim serta pengurangan resiko bencana belum optimal.

Untuk mengatasi masalah mendasar tersebut maka RKPD tahun 2019 Pemantapan dan pemeratan pembangunan untuk pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dalam rangka mempercepat penurunan kemiskinan dan pembangunan secara berkelanjutan.

“Saya harapkan agar penaggulangan kemiskinan dan pengangguran menjadi prioritas pada tahun 2019,”tutupnya.
(Aris Wuarbanaran)

About admin

Check Also

Pemprov Maluku Dapat Jatah 302 Orang Dalam Penerimaan CPNS 2018

AMBON,N25NEWS.COM – Pembukaan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara nasional sudah mulai dilakukan tanggal …