Home / Maluku / RLA Tujuannya Mendidik Kerja Sama,Tidak Mengandalkan Individu

RLA Tujuannya Mendidik Kerja Sama,Tidak Mengandalkan Individu

AMBON,N25NEWS.COM-Program Pemerintah dalam rangka meningkatkan penguatan kapasitas reformasi birokrasi aparatur,ada program yang namanya Reforum Lider Akademik (RLA),RLA ini memeiliki tujuan untuk mendidik  aparatur memahami pentingnya kerja sama,tidak mengandalkan kekuatan indifidu,tapi kolaborasi semua kekuatan yang ada didalam instansi didaerah maupun nasional.

Hal ini dikatakan Kepala Bidang Penelitian dan Pembangunan Daerah,Bapaeda Provinsi Maluku,Jalaludin Salampessy,kepada awak media di Kantor Gubernur Maluku,senin (3/9/2018).

Lebih lanjut Salamnpessy mengatakan,”Diklat RLA ini selama 4 bulan akan dilaksanakan di Makasar,dan kita dari Maluku terdiri dari 6 orang yang ikut adalah,Jalaludin Salampessy,Ilham Taodah dari Bapeda,Haris Anwar,Donald Saimima dari Dinas Perikanan dan Irwan Asikin,Ongen Dwi Sangaji dari Dinas Pariwisata.,”kata Jalaludin Salampessy.

Kekuatan 3 OPD (Organisasi Perangkat Daerah) ini yang hadir dalam RLA untuk 2 tujuan utama yaitu Revormasi Birokrasi Instansional dan Revormasi Birokrasi Nasional atau Reforum Lider Akademik untuk Institusi dan Reforum Lider Akademik untuk Nasional.Dalam kaitannya Provinsi Maluku memiliki penetapan desa wisata bahari berkelanjutan yan diberi nama Dewi Bulan.

Dewi Bulan ini akan diperkuat dengan adanya SK Gubernur tentang pedoman desa wisata bahari berkelanjutan sebagai tindak lanjut dari PP khususnya keputusan Menteri Pariwisata No 14  Tahun 2016 tentang tata cara penentuan desa bahari berkelanjutan.Untuk Provinsi Maluku RB institusionalnya adalah penetapan desa wisata bahari berkelanjutan di desa Hukurila.

“Kami telah komunikasi dengan aparat Pemerintah Desa Hukurila mereka sangat mendukung program ini,yang akan di lakukan di sana,penyusunan kapasitas,managemen pemanfaatan badan usaha milik desa dan penguatan aparatur pemerintah desa sampai pada pelatihan-pelatihan yang dikhususkan untuk mengelola pariwisata yang dinggulkan,”jelas Salampessy.

Tiga unggulan Maluku yakni perikanan (budidaya dan penangkapan),wisata khusus untuk wisata bahari berkelanjutan dan perkebunan rempah-rempah,”khusus untuk wisata bahari berkelanjutan itu RLA memiliki tugas untuk mensosialisasikan dan bekerja sama dengan institusi tingkat daerah dengan tema utamanya adalah Kemaritiman,”tandas Salampessy.

Oleh : Aris Wuarbanaran

About admin

Check Also

Pemprov Maluku Dapat Jatah 302 Orang Dalam Penerimaan CPNS 2018

AMBON,N25NEWS.COM – Pembukaan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara nasional sudah mulai dilakukan tanggal …