Rumahsoal di Tunjuk Oleh Pemda Maluku sebagai Dewan Pembina Program Penghijauan 150 Hektar Di Negeri Neniari SBB

SBB,N25NEWS.com – Anggota DPRD Kabupaten  Seram Bagian Barat Fraksi PDI Perjuangan Jodis Rumahsoal mengapresiasi program Pemerintah Pusat dan Provinsi Maluku melalui Dinas Kehutanan Provinsi Maluku yang mencanangkan program penghijauan seluas 150 Hektar di Negeri Neniari Kecamatan Taniwel Kabupaten SBB.

Dirinya juga  ditunjuk sebagai dewan pembina oleh Pemerintah Provinsi melalui Dinas Kehutanan dalam mengawal proses kegiatan penghijauan yang berlangsung di Negari Neniari gunung Kec Taniwel Kab SBB, dengan memerlukan lahan seluas 150 hektar dengan memberikan tenaga kerja di atas 500 hingga 1000 tenaga kerja.

“Sesuai dengan anggaran yang begitu besar di atas 4 – 6 miliar rupiah  dapat di peruntukan untuk menam berbagai jenis pemohonan yang bermanfaat yang punya nilai ekonomi tinggi,”jelasnya.

Lajut Rumahsoal, Adapun jenis pohon yang di tanam berupa anakan gaharu, damar (pohon Agatis), Lengua, pala, kemerin dan pepohonan lainnya. Hal ini di tegaskan bahwa selama tiga tahun tanaman di rawat dan di pelihara dengan tujuan pengembangan hutan yang lagi gundul dan kosong.

“Program Kementerian Kehutanan yang di canangkan di Negeri Neniari gunung Kec Taniwel Kab SBB merupakan bagian dari program menanam 1 juta pohon sesuai dengan program nawacita jilid II dan program Presiden Jokowidodo  & Wakil Presiden Moh Maruf Amin,”tandas Jodis Rumahsoal yang juga anggota DPRD SBB.

Selain itu lanjut Rumahsoal,Program ini dapat mempermudah usaha dan membuka lapangan kerja untuk masyarakat di daerah pegunungan karena hal ini nerupakan  program penghijauan yang  dapat di tangani langsung oleh masyarakat yang bersifat soa kelola dan dalam jangka waktu tiga tahun di kembalikan untuk masyarakat setempat.

“Cita – cita dan harapan besar Saya adalah kedepan daerah pegunungan dapat di jadikan sebagai daerah perkebunan, kehutan, dan pertanian yang handal menjadi cadangan terbesar di kab SBB,”ujar Rumahsoal.

Untuk itu kata dia, dalam tahun ini maupun tahun depan  banyak program pusat maupun daerah yang masuk di daerah pegunungan Kecamatan Taniwel baik bersifat fisik maupun pemberdayaan sehingga perputaran uang yang masuk di daerah pegunungan kurang lebih di atas 30 miliar rupiah.

Reporter : Santos W

Editor : Redaksi

Check Also

Bantu Imbauan Pemerintah,Pdt Minggus Ciptakan Masker Aroma Terapik

AMBON,N25NEWS.com-Akibat wabah Covi-19,imbauan pemakaian masker yang awalnya hanya disarankan pada yang sakit,meluas dan membuat orang …