Breaking News
Lutfi Rumbia Plh Sekda Provinsi Maluku,saat menyampaikan sambutan Gubernur Maluku

Rumbia : Kualitas SDM Menentukan Proses Kemajuan Daerah

AMBON,N25NEWS.COM-Ketersediaan infrastruktur,seperti jalan,jembatan,waduk/irigasi,air minum,sanitasi dan sarana-prasarana umum lainya,yang mana diketahui bahwa kondisi infrastruktur yang minim dapat memberikan efek negative kepada kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

Hal ini disampaikan Lutfi Rumbia Plh Sekda Provinsi Maluku,saat menyampaikan sambutan Gubernur Maluku pada Acara Rapat Kerja (FORUM SKPD) Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Provinsi Maluku Tahun 20129 yang bertempat di Gedung Kristen Centre Ambo,senin (25/02/2019).

Lebih lanjut Rumbia mengatakan,”Daerah kita Maluku ini sedang beranjak maju dan berkembang,menghadapi tantangan yaitu kemiskinan,kondisi giografis daerah kepulauan serata kualitas sumber daya manusia (SDM) yang masih rendah,maka otomatis menjadi suatu keharusan untuk duwujudkan dalam proses pembangunan daerah kedepan,”kata Rumbia.

Sementara itu tingkat kemiskinan di Provinsi Maluku memiliki trend menurun,yang mana pada tahun 2015,umlah penduduk miskin di Maluku yaitu sekitar 327 ribu orang dengan presentase kemiskinan sebesar 19,36 persen,data BPS pada September 2017 mencatat tingkat kemiskinan di Maluku telah turun menjadi 18,29 peresen atau sekitar 320 orang.

Baca juga :   Pemda Maluku Ajak Masyarakat Waspadai Ancaman Teroris Dengan Kesadaran Berinternet

“Sebagaimana kita ketahui bahwa konsentrasi penduduk miskin pada umumnya paling banyak berdomisili di daerah pedesaan yaitu sebanyak 272b ribu orang,sedangkan sisanya berada di perkotaan sebanyak 47 ribu orang yang tersebar diseluruh wilayah Maluku yang notabene tidak terjangkau pembangunan infrastruktur dasar didearah yang berada di pelosok dan terluar,”jelas Rumbia.

Oleh karena itu,perlu ada pendekatan konsep pembangunan yang sesuai karakteristik yang dimiliki daerah kepulauan,dari itulah lahir konsep pembangunan Gugus Pulau,yang merupakan pendekatan terhadap kondisi empiris Maluku.Maka lahirlah output pembangunan sesuai kebutuhan riil masyarakat pada gugus pulau setempat melalui tahapan pemetaan sebelumnya.

“Untuk itu Dinas PUPR dan Dinas PRP Provinsi Maluku dalam mendukung proses pembangunan Maluku,perlu mengelaborasikan spirit pembagunan Maluku dengan lebih mengoptimalkan peningkatan kapasitas dan kualitas SDM jasa konstruksi khusunya tenaga ahli dan tenaga terampil dibidang pekerjaan umun dan penataan ruang,”tandas Rumbia yang juga Kepala Keauangan Provinsi Maluku ini.

Reporter : Aris Wuarbanaran

Editor      : Redaksi

About admin

Check Also

BKKBN Provinsi Maluku Bertekad Tingkatkan Kualitas Penduduk

AMBON,N25NEWS.COM-Program Kependudukan,Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga di Provinsi Maluku tahun 2019 ini,merupakan salah satu langkah …