Breaking News

Rumbia : Setiap Orang Berhak Hidup Sejahtera Lahir Dan Batin

AMBON,N25NEWS.COM-Sertiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin,bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta memperoleh pelayanan kesehatan yang merupakan amanat Pasal 28 UUD 1945 yang menjadi landasan konstitusional sehingga urusan perumahan dan kawasan pemukiman urusan wajib dengan pelayanan dasar.

Hal tersebut disampaikan Plt Sekda Provinsi Maluku Lutfi Rumbia saat menyampaikan sambutan Gubernur Maluku pada Acara Rapat Kerja Dan Koordinasi (Forum) Perumahan dan Kawasan Pemukiman Provinsi Maluku Tahun 2019,yang berlangsung di Hotel Marina Ambon,(21/02/2019).

“Disitulah pentingnya kehadiran Organisasi Perangkat Daerah Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman dalam jajaran Pemda baik di tingkat provinsi maupun di kabupaten/kota,ini juga dapat di defenisikan sebagai suatu kesatuan sistem perbikan peningkatan kualitas terhadap perumahan kumuh dan pemukiman kumuh,”kata Rumbia.

Hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) Tahun 2018 yang dirilis oleh Badan Pusat Statestik (BPS) Provinsi Maluku,menunjukan keadaan perumahan di Maluku diantaranya untuk status kepemilikan rumah yang ditempati milik sendiri sebanyak 80,09 persen,beratap senk 85,05 persen,dinding tembok 78,05 persen,rumah kayu 21,95 persen, lantai semen 88,56 persen,dan lantai tanah 4,71 persen.

Baca juga :   Mahasiswa KKN Perikanan Unpatti Ambon Bersama Warga RT 003 Tanam 100 Anakan Mangrov

“Kita perlu sadari bahwa masih banyak pekerjaan yang perlu kita selesaikan bersama guna mencapi target SDG’s 100-0-100 yaitu pencapaian air bersih hingga 100 persen di masyarakat,penurunan pemukiman kumuh hingga 0 persen,dengan presentase yang ditekan sebanyak mungkin dan dapat dilaksanakan dalam waktu cepat,”jelas Rumbia.

Dengan demikian perencanaan pembangunan kedepan tidak lagi terkotak-kotak,menghindari ego sektoral maupun ego vertikal antara pemerintah pusat dan daerah,melainkan perencanaan disuaun dengan saling mendukung,melengkapi sesuai kebutuhan hirarki kewenagan masing-masing.

“Untuk itu saya mengajak semua untuk duduk bersama berdiskusi,bersinergi dan menjalin kebersamaan dalam menghasilkan perencanaan yang baik dn matang serta bermanfaat bagi kebutuhan masyarakat,maka melalui Forum ini dapat menghasilkan penyelarasan dalam penyusunan program dan rencana kerja 2020 untuk diusulkan pada Pra Musrembang tingkat Provinsi,”tandas Rumbia.

Reporter : Aris Wuarbanaran

Editor      : Redaksi

About admin

Check Also

BKKBN Provinsi Maluku Bertekad Tingkatkan Kualitas Penduduk

AMBON,N25NEWS.COM-Program Kependudukan,Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga di Provinsi Maluku tahun 2019 ini,merupakan salah satu langkah …