Rumuskan Program 2020,NakerTrans Maluku Bangun Sinergitas Dengan,Kabupaten/Kota

AMBON,N25NEWS.COM-Seiring tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan pemerintah,kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Maluku,yang merupakan Forum SKPD dengan membagun sinergitas program antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota,guna merumuskan kebijakan program dan kegiatan tahun 2020.

Hal tersebut disampaikan,Plt Bappeda Provinsi Maluku,Syuryadi Sabirin,ketika mewakili Plh Gubernur Maluku pada Acara Pembukaan Rapat Forum SKPD Bidang Ketenagakerjaan Dan Transmigrasian Provinsi Maluku Tahun 2019,di Kantor Dinas NakerTrans Provinsi Maluku,senin (25/3/2019).

Lebih lanjut Sabirin mengatakan,”Salah satu prioritas pembangunan daerah tahun 2020 adalah penanggulangan pengangguran dan kemiskinan,maka sudah barang tentu peran bidang ketenagakerjaan dan ketransmigrasian dalam peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja masih terus dilakukan,”kata Sabirin.

Sementara itu berdasarkan data BPS Provinsi Maluku pada bulan Agustus 2018 menunjukan bahwa jumlah pengabgguran di Provinsi Maluku tercatat sebanyak 54.891 orang,mengalami penurunan sebanyak 10,844 orang atau sebesar 16,50 persen dibanding bulan Agustus 2017,dari jumlah pengangguran sebanyak 65.735 orang.

Data diatas akhirnya mempengaruhi penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dari 9,29 persen pada Agustus 2017 menjadi 7,27 persen pada Agustus 20118.Dengan demikian,mencermati perkembangan kondisi ketenagakerjaan di Provinsi Maluku TPT cenderung menurun,sehingga perlu disikapi dengan berbagai kebijakan yang tepat dan terarah.

“Untuk kita menghadapi era globalisasi saat ini,maka perlu adanya dorongan dan kebijakan serta memberikan penguatan kepada institusi dalam pengembangan SDM,guna pementasan pengangguran untuk mewujudkan Maluku yang terkelola seara jujur,bersih dan melayani,terjamin dalam kesejahteraan,serta berdaulat atas gugusan kepulauan,”tandas Sabirin.

Reporter    : Aris Wuarbanaran

Editor        : Redaksi

About admin

Check Also

Tahun 2024 Angka Kemiskinan Di Maluku Mencapai 13,43 Persen

AMBON,N25NEWS.COM-Dalam rangka percepatan penurunan kemiskinan di Provinsi Maluku dari sebelumnya angka kemiskinan 17,69 persen per …

×

N25NEWS.com