Breaking News

RUU Kepulauan Telah Sampai Pada Pembahasan Akhir

AMBON,N25NEWS.COM-Rancangan Undang-Undang (RUU) Kepulauan dan merupakan satu-satunya RUU yang pertama serta posisinya saat ini telah sampai pada pembahasan akhir.

Hal ini dikatakan Wakil Ketua I DPD RI Nono Sampono,kepada awak media saat ditemui di Kantor Gubernur Maluku,kamis (16/5/2019).

Lebih lanjut Sampono mengatakan bahwa,”Mulai dari DPD RI dan DPR RI telah selesai dilakukan pembahasan termasuk dengan fraksi-fraksi di DPR RI.Dan RUU Kepulauan ini satu-satunya RUU yang 100 persen didukung semua fraksi di DPR RI,”kata dia.

Dijelaskannya lagi,pada pertemuan beberapa waktu lalu antara pimpinan dewan dengan Presiden,telah disampaikan,agar Presiden juga memperhatikan usulan baik dari DPD,maupun DPR,untuk segera dapat ditetapkannya RUU Provinsi Kepulauan menjadi UU.

Nono Sampono memastikan pembahasan RUU Provinsi Kepulauan ini telah final,oleh karena itu jika nantinya UU ini dikeluarkan maka secara otomatis Maluku akan mendapatkan tambahan anggaran.

Baca juga :   GMKI Berharap Pemkab SBB Lebih Memperhatikan Wilayah Pegunungan

“Jika dihitung dari Dana Alokasi Umum (DAU),maka akan terjadi penambahan anggaran kurang lebih 5 persen dab jika ditotalkan kurang lebih 11 triliun.Kan sebelumnya Maluku Cuma dapaT 2,8 triliun,”jelasnya.

Dengan jumlah anggaran yang didapatkan oleh Maluku,kurang lebih 11 triliun,maka sudah barang tentu akan terjadi peningkatan pembangunan di 11 kabupaten/kota.

Adapun Nono Sampono juga menyinggung soal UU Perbatasan,UU Kewilayahan dan UU Perlindungan hak-hak masyarakat adat.Hal ini juga penting untuk segerah ditetapkan guna menghindari terjadinya konflik kepentingan,mengingat hampir 70 persen daerah di Indonesia memiliki muatan hak adat dan ulayat cukup tinggi pada setiap daerah.

“Untuk itu diharapkan kesenjangan pembangunan yang selama ini terjadi khusus bagi daerah-daerah berbasis kepulauan,maka sedikit demi sedikit dapat diminimalisir,”tandasnya.

Reporter    : Aris Wuarbanaran

Editor        : Redaksi

 

About admin

Check Also

Lapangan Merdeka Akan Ditambah Rumput Sintetis KNPI Dan FPOM Maluku Apresiasi Langkah Gubernur

AMBON,N25NEWS.COM-Langkah Gubernur Maluku,Drs.Murad Ismail yang akan membenahi Lapangan Merdeka Ambon,dengan akan ditambahkannya rumput sintetis,mendapat apresiasi …