Sahuburua : 2019 Tantangan Semakin Berat,Kualitas SDM Ditingkatkan

AMBON,N25NEWS.COM-Sebagai bagian dari ASN kita berharap agar kinerja di tahun 2019 ini harus lebih ditingkatkan karena memang tantangannya akan lebih berat lagi,kemudian tantangan yang kita hadapi ini untuk membagun 1.342 pulau dengan 11 Kabupaten/Kota bukan hal yang muda.

Demikian hal ini dikatakan Wakil Gubernur Maluku,Zeth Sahuburua kepada awak media ketika ditemui dirinya di Kantor Gubenur Maluku,jumat (4/1/2019).

Lebih lanjut Sahuburua menagtakan,”Jika tantangan yang begitu berat maka otomatis kita harus meningkakan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) maka efektifitas dan efisiensi harus kita lakukan dengan sebaik-baiknya,”kata Sahuburua.

Oleh sebab itu Maluku harus mampu,Maluku tidak boleh mundur lagi sebab pada saat kita melepaskan jabatan ini kepada Gubernur dan Wakilnya yang terpilih,supaya tinggal melanjutkan apa yang telah kita rintis hingga merasa apa yang kita lakukan baik,maka sudah barang tentu mereka tinggal lanjutkan saja.

Sementara itu kinerja ASN (Aparat Sipil Negara) Sahuburua menjelaskan bahwa,”Bukan saja kita harapkan kinerja ASN hanya pada satu bidang saja tetapi semua bidang apalagi bidang kelautan dan perikanan,dengan luas lautnya yang cukup besar,”jelas Sahuburua.

Baca juga :   Pemprov Maluku Menyerahkan 4000 Tanaman Cabai Untuk Dikelola ASN

Dari luas laut Maluku 7.17000 km persegi laut itu adalah 658.000 km persegi sementara daratannya hanya 54 ribu persegi,maka jika dipresentasikan jelas laut Maluku ada 92,4 persen sedangkan daratnya itu ada 7,6 persen itu berarti peranan kelautan sangat luar biasa.Kemudian laut Maluku juga punya potensi yang sangat luar biasa yang dapat menghasilkan ikan secara Nasional ada 12 juta ton/tahun.

“Maluku ada punya potensi itu 4,6 juta ton/tahun,itu artinya potensi Maluku 1/3 dari potensi nasional yang hanya kita garap berdasarkan data-data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan yaitu 578 ribu ton,itu artinya 578 juta triliun,nah potensi ini harus kita garap dengan sebesar-besarnya agar Maluku tidak lagi tertinggal,”tandas Sahuburua.

Penulis : Aris Wuarbanaran

Editor   : Redaksi

About admin

Check Also

Pemprov Maluku Menyerahkan 4000 Tanaman Cabai Untuk Dikelola ASN

AMBON,N25NEWS.com-Pemerintah Provinsi Maluku menyerahkan 4000 Tanaman cabai untuk dikelola Aparatur Sipil Negara (ASN),dimana penyerahan secara …

×

N25NEWS.com