Home / Maluku / Sahuburua : LPM Adalah Transformasi Dari LKMD
Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua

Sahuburua : LPM Adalah Transformasi Dari LKMD

AMBON,N25NEWS.COM-Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) sebuah lembaga yang bertrasformasi dari organisasi yang dulu kita kenal sebagai Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa atau LKMD.bersyukur sebab pembentukan LPM ditindaklanjuti dengan pelantikan pengurus.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua pada acara Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Derah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPD-LPM) Provinsi Maluku,di aula lantai 7 Kantor Gubernur Maluku,kamis (13/9/2018).

Lebih lanjut Zahuburua mengatakan,”sesuatu yang berbeda dan memiliki nilai tambah dari LPM dibanding LKMD adalah skala dan jangkauan kerjanya,kalau dahulu LKMD fokusnya kebanyakan pada masyarakat di desa saja,maka LPM hadir secara Nasinal,”kata Sahuburua.

LPM juga hadir guna menggerakan pembangunan partisipatif diseluruh tingkatan pemerintahan dari pusat,Provinsi,Kabupaten/Kota sampai ke Desa dan Kelurahan.Bukan hanya antara pihak pemerintah dengan masyarakat,tetapi juga sektor swasta atau pihak lainya.

Dari situlah model pembangunan yang berorintasi pemerataan dengan melibatkan banyak masyarakat menjadi sesuatu yang penting untuk dikedepankan pembangunan dari masyarakat,walaupun secara teoritis pembangunan partisipatif ini dianggap sebagai solusi tetap membutuhkan perhatian ekstra agar benar-benar efektif dan memberikan hasil sebesar-besarnya bagi masyarakat.

“Harus diingat betul bahwa,kita Maluku menghadapi tantangan ganda,maksudnya selain tantangan teknis dari sisi kualitas SDM,alokasi anggaran sarana prasarana pendukung sesungguhnya tantangan karakteristik wilayah kepulauan jauh lebih berat oleh sebab itu dibutuhkan inovasi,”jelas Sahuburua.

Untuk itu yang terpenting bagi pemerintah adalah memberikan pendapingan bagi DPD LPM Maluku menghadapi tugas-tugas kedepan agar mampu bersinergis ke segala arah,”saya harapkan capaian kerja yang terukur dalam memberdayakan masyarakat kita,”tandas Sahuburua.

Oleh : Aris Wuarbanaran

About admin

Check Also

BNN Maluku Musnahkan 7,15 kg Ganja Kering

AMBON,N25NEWS.COM – Badan Narkotika Nasional Provinsi Maluku memusnahkan barang bukti narkoba jenis  ganja kering seberat …