Breaking News

Saleh Thio : Kualitas Guru Harus Disesuaikan Dengan Peserta Didik Jaman Now

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku,M Saleh Thio

AMBON,N25NEWS.COM- Guru merupakan salah satu aparat pemerintah yang merupakan penentu arah peradaban bangsa dalam memajukan dan meningkatkan mutu sumber daya manusia disuatu Negara agar generasi bangsa bisa produktif dan bersaing secara Nasional dan Internasional.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku,M Saleh Thio kepada awak media saat ditemui di Kantor Gubernur Maluku,senin (7/1/2019).

Lebih lanjut Saleh Thio mengatakan,”Untuk meningkatkan mutu dari pada SDM disuatu Negara atau daerah dalam hal ini dearah perbatasan,maka ada beberapa problem dan kendala dalam proses pendistribusian guru di daerah-daerah perbatasan makanya sementara ini kita kaji serta disesuaikan dengan kebutuhan guru dan kompetensinya,”kata Saleh Thio.

Kemudian dalam pelaksanaannya terkadang mengenai pemerataan guru didaerah perbatasan ini ada yang tidak memahami jumlah guru yang banyak di suatu tempat yang kosong maka sudah barang tentu pemerintah menindak lanjutinya dengan kebutuhan yang ada.

Baca juga :   Usai 17 Agustus 2019, SUPM Waiheru Gelar Pandu Laut Indonesia

“Misalkan sekolah itu membutuhkan guru matematika,tetapi tidak mungkin kan kita kirim guru bahasa Indonesia,sebab hal itu akan menyalahi aturan yang akan di minta,jadi guru harus profesional,itulah yang saya kira kita kaji.

Selain itu perluadanya kerjasama dan koordinasi yang kuat antara pusat dan daerah terkait distribusi guru yang merata,terutama didaerah tertinggal,terluar dan terdepan (3T), mana masih sangat minim dan kekurangan guru,sehingga hak pendidikan untuk semua anak bisa mereka peroleh secara baik.

“Tapi ada catatan penting yaitu kita minta lembaga perguruan tinggi yang menghasilkan sarjana calon para guru,untuk memastikan kualitas lukusnya agar bisa diharapkan untuk peserta didik jaman now,” tandas Saleh Thio.

Penulis : Aris Wuarbanaran

Editor    : Redaksi

About admin

Check Also

SMA 2 Salahutu Tingkatkan Program Pendidikan

MALTENG,N25NEWS.COM – Guna meningkat kan kualitas mutu pendidikan, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Salahutu …