Home / Kota Ambon / Sambut Musim Penghujan, Komisi III DPRD Ambon Usul Normalisasi Sungai
Bareng Komisi III DPRD Kota Ambon, Wakil Ketua DPRD Rustamj Sampono Sambangi Jembatan Waitomu, Skip Ambon Soal Usulan Normalisasi Sungai Jelang Musim Penghujan

Sambut Musim Penghujan, Komisi III DPRD Ambon Usul Normalisasi Sungai

AMBON,N25NEWS.COM – Dalam menyambut datangnya musim penghujan, Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Ambon kini mengusulkan adanya normalisasi sungai di kota Ambon.

Mengingat, normalisasi sungai yang harusnya menjadi kewenangan Balai Sungai Maluku namun beberapa tahun ini tak direalisasikan sehingga Komisi III mengambil langkah cepat menata persoalan tersebut.

Hal ini diakui oleh Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono saat di temui awak media usai melakukan on the spot yang di gelar hari ini, Senin (09/04) bertempat pada Jembatan Waitomu, Skip, Kota Ambon.

Dibenarkannya, Normalisasi sungai memang kewenangan Balai Sungai yang kemudian terabaikan cukup lama.

“Bukan sekedar ngomong, ini berdasarkan pantauan langsung Komisi III, untuk itu bersamaan dengan usulan tersebut saya juga merasa perlu dilaksanakan normalisasi sungai pada setiap belahan di wilayah Kota Ambon,” ungkapnya.

Disamping itu, dirinya juga menambahkan adanya usulan tersebut guna mengantisipasi tingkat curah hujan yang tinggi di Kota Ambon yang tak bisa di prediksi kapan datangnya.

“Minimal dengan normalisasi sungai, maka dapat mencegah bencana banjir yang meluap ke pemukiman padat penduduk,” tandas Rustam.

Disebutkannya, beberapa daerah yang kemudian rawan banjir saat musim penghujan diantaranya Desa Batu Merah, Desa Skip, Batu Gajah dan beberapa daerah rawan lainnya. Untuk hal itulah, akan dilakukan rencana normalisasi terhadap sungai yang di kota Ambon.

“Jadi kita targetkan dengan normalisasi sungai ini, adanya manfaat untuk masyarakat di bantaran sungai atau kali yang ada di Ambon,” jelasnya.

Menutupnya, Rustam katakan dalam APBD 2018, program ini memang tak di masukan kedalam agenda. Sehingga Komisi mendorong APBD perubahan melalui APBD 2018 .

“Saya kira ini penting, agar jangan sampai terjadi hal yang tak diduga sehingga kita secepatnya mengambil langkah ini,” tutupnya.

Baca juga :   Sidak Takjil, BPOM Ambon Tak Temui Bahan Berbahaya

Turut hadir dalam on the spot kali ini, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Ambon, Hendrico Matitaputty.

(Amy Latuny)

About admin

Check Also

Komisi II DPRD Ambon Jangan Hanya Obral Janji Oleh : Gali Markalin

AMBON,N25NEWS.COM – Kritikan kembali disampakan kepada Komisi II DPRD Kota Ambon yang hingga kini hanya …