Breaking News

Satgas Yonif 711/Rks Gelar Bhakti Sosial Di Desa Latu Dan Hualoy

AMBON,N25NEWS.COM-Setelah berhasil menggelar bhakti sosial,pengobatan gratis trauma healing (pemulihan trauma),serta penyuluhan kamtibmas di Negeri Latu dan Hualoy.Satgas Yonif 711/Rks kembali melakukan kegiatan bhakti soasial yaitu,khinatan massal di Negeri Latu.Kegiatan ini masih merupakan bagian dari proses rekonsiliasi pada desa Latu dan Hualoy,minggu (31/3/2019).

Satgas Yonif 711/Rks,pasca konflik telah melakukan beberapa kegiatan dalam rangka rekonsiliasi damai seperti,pengobatan gratis trauma healing,kepada anak-anak yang terdampak dari konflik tersebut,serta memberikan hal posetif seperti pelatihan kesenian marawis kepada para pemuda kedua negeri.

Dansatgas Yonif 711/Rks Lektol Inf.Fanny Pantouw.M.Tr Han.M.I.Pol,menyampaikan pada sambutannya,”Ini merupakan bagian dari rekonsiliasi damai Latu-Hualoy.Tapi sebelumnya kami teloah melakukan pengobatan keliling gratis trauma healing,pelartihan marawis bersama pemuda dan peyuluhan kamtibmas,”kata dia.

Sementara itu sebelum melakukan hinatan massal,dilakukan ritual yang merupakan budaya lokal,yaitu mengarak anak-anak yang akan dikhinatkan,mengelilingi kampong dengan di iringi marawis serta serta dilakukan tahlilan/pembacaan doa sebelum acara di mulai.

“Hari ini kami lakukan agak berbeda yaitu bhaksos dengan mengedepankan kearifan lokal berupa khinatan gratis diawali dengan tahlilan dan kirap hadrat tabunan rebana dan alunan shalawat,dimana kirap tersebut didampingi oleh kakak angkat dari anggota Satgas Yonif 711/Rks,kami berharap kegiatan ini dapat bermanfaat membantu kesulitan masyarakat dan mengembalikan moral masyarakat,jelasnya.

Baca juga :   Danramil 1504-02/Sirimau, Hadiri Pembukaan Pasar Murah

Pada kesempatan itu juga Fanny mengkampanyekan bahwa Islam anti kekerasan dan cinta damai.Adat istiadat dibuat oleh leluhur,tujuannya baik sehingga adat kita dilestarikan sebagai budaya bangsa.Dan pedoman agama, sebab damai  bukanlah pernyataan menyerah,tapi damai adalah pernyataan kemenangan keiklahsan dan kesadaran hati bahwa katong ini basudara.

Dikesempatan yang sama Pejabat Negeri Latu Bapak Abubakar Patty,dalam sambutannya menyampaikan bahwa,”Kegiatan bhakti sosial baru pertama kali di negeri Latu ini,yang semuanya lengkap mulai dari pengobatan,penyuluhan kamtibmas dan khinatan massal,hal inbi menunjukan ketulusan dan keseriusan bapak-bapak Satgas Yonif 711/Rks kepada kami,”tandasnya.

Reporter    : Aris Wuarbanaran

Editor        : Redaksi

About admin

Check Also

Sinergi Pentahelix penting jaga Ambon yang kondusif

AMBON,N25NEW.COM – Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 151/Binaiya, Kolonel Inf Hartono, S.I.P, hadir sebagai Narasumber …