Breaking News

Satu Napi Eks SMA 3 Salahutu Ikut UNBK

TULEHU,N25NEWS.COM -Satu Narapidana eks siswa SMA Negeri 3 Salahutu Kabupaten Maluku Tengah(Malteng) diperbolehkan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ajaran 2018/2019.

Sebelumnya ijin yang sama juga dilakukan dalam pelaksanaan simulasi komputer dan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) yang dilakukan pihak SMA Negeri 3 Salahutu.
Napi yang diketahui penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Ambon diketahui berinisial LH (17) warga dusun Wainuri Negeri Liang Malteng yang diperbolehkan ikut ujian atas izin pihak Rutan.

LH dijebloskan ke rutan LPKA Ambon sudah kurang lebih delapan bulan dari putusan pengadilan dengan kurungan penjara selama 5 tahun atas pelanggaran pasal 18 ayat (1) UU nomor 17 tahun 2016.Narapidana anak atas kasus persetubuhan anak dibawa umur.
Pantau N25,News com di SMA Negeri 3 Salahutu, Senin(1/4) Napi LH tiba di sekolah dengan mendapat pengawalan dua petugas LPKA Ambon.

Kepsek SMA Negeri 3 Salahutu Maya Tawanella yang dikonfirmasi terkait keikutsertaan napi LH dalam UNBK, dirinya mengakui LH adalah mantan siswanya yang pernah duduk di kelas XII IPA yang kini menjalani penahanam di rutan LPKA Ambon.

Tawanella mengakui selama menjalani pendidikan di SMA 3 Salahutu, LH diketahui merupakan siswa pendiam dan berprilaku baik, bahkan yang bersangkutan tidak pernah melakukan hal-hal yang merugikan pihak lembaga pendidikan dan juga termasuk salah satu siswa yang cukup cerdas dan pandai.
Selain hak anak bangsa untuk mendapat program wajar 12 tahun, LH juga punya hak yang sama denga anak bangsa lainnya untuk bisa mengikuti ujian nasional, sehingga dengan merasa kepedulian dengan nasib yang dialami LH, Tawanella pun akhirnya menyurati piham LPKA Ambon untuk meminta kesediaan agar diberi ijin mengikuti ujian nasional bersama teman-temannya di SMA 3 Salahutu.

Baca juga :   Buruknya Pelayanan Pendidikan di Desa Ukalahin

Akhirnya dengan berbagai pertimbangan serta yang bersangkutan selama menjalani penahanan memiliki kepribadian yang baik, ijin itu akhirnya dikeluarkan kalapas LPKA Ambon untuk LH mengikuti ujian dengan dibawa pengawalan dua anggota LPKA Ambon hingga proses ujian selesai.

Imran Salamat salah satu petugas LPKA Ambon yang diberi tanggungjawab mengawal LH dihari pertama pelaksanaan ujian saat ditemui wartawan mengatakan, bahwa ijin LH mengikuti ujian, karena seluruh prosedur sudah sesuai dengan kelengkapan administratif, berdasarkan ketentuan dan bentuk pelayanan maksimal kami terhadap hak – hak anak pidana.

Kata dia, LH mengikuti ujian di sekolahnya dengan pengawalan dua orang petugas dengan mengenakan seragam sekolah asal LH dan selesai ujian yang bersangkutàn kembali ke Rutan.

Reporter : Gali M

Editor : Redaksl

About admin

Check Also

Bimas Islam Kemenag Laksanakan Penyusunan Anggaran 2020

AMBON,N25NEWS.com-Tahun 2019 akan berakhir dalam beberapa dalam beberapa bulan, mengingat hal tersebut, Bidang Bimas Islam …