Sekda Maluku Kasrul Selang

Sekda Akui Sempat Paripurna Bersama SA

AMBON-Sekretaris Daerah Provinsi Maluku yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul selang mengakui sempat rapat paripurna bersama SA sebelum anggota DPRD Provinsi Maluku itu dinyatakan positif terpapar virus corona.

Sebagimana diketahui, SA dinyatakan positif terpapar virus mematikan ini pekan kemarin. “Justru kita paripurna itu kan ada beliau,”ungkpanya kepada awak media di kantor Gubernur Maluku, Ambon, Selasa (4/8/2020).

Menurutnya,dengan terpaparnya salah satu anggota DPRD provinsi Maluku ini,maka kata Kasrul,otomatis semua peserta ikut dalam paripurna itu akan  di tracing,namun terhantung dari variabel atau kriteria penilaian dari Tim Penyelidikan Epidemiologi (PE) seberapa erat mereka-mereka yang menghadiri paripurna dan terjadi kontak erat dengan SA.

“Jadi tergantung kriteria, karena mereka (Tim PE) itu punya kriteria diantaranya (SA) berbicara dengan orang jarak berapa meter, pakai masker atau tidak hingga berbicara berapa lama,”sambungnya.

Lebih lanjut,Kasrul menjelaskan, Yang pasti,pasca SA dinyatakan positif terpapar covid-19,maka langkah pertama yang dilakukan adalah melakukan wawancara terhadap SA terlebih dahulu.Sebab dari wawancara itu,baru Tim PE bisa menyimpulkan kira-kira SA tertular dari mana.

“Jadi seng benar kalau bilang satu Sekwan itu satu kali diperiksa. Itu kita punya energi pun seng (tidak) cukup) kalau satu kantor kena.Bahkan,kita sampai saat ini juga belum bisa memastikan SA bisa tertular,”jelasnya Kasrul.

Baca juga :   Wagub Dan Pangdam Bagi-Bagi Masker Gratis Di Pasar Mardika-Transit Passo

Selain itu,Kasrul menandaskan,pihaknya juga belum tahu SA dapat (tertular) darimana apakah dari Jakarta atau darimana, karena semua tergantung dari tracing dan wawancara dengan SA. Teman-teman di bagian PE yang lebih tahu dari penyelidikan epidemiologi.

Adapun,dari hasil PE itu kata mantan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Provinsi Maluku itu barulah diketahui siapa-siapa yang miliki kontak erat dengan SA dan akan dilakukan pemeriksaan swab. Dari situ mulai mereka-mereka yang berpotensi akibat terpaparnya SA akan dilakukan swab

Dari hasil PE itu kata mantan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Provinsi Maluku itu barulah diketahui siapa-siapa yang miliki kontak erat dengan SA dan akan dilakukan pemeriksaan swab.Dari situ,mulai mereka-mereka yang berpotensi akibat terpaparnya SA akan dilakukan swab.

Untuk proses tracing atau pelacakan sendiri, kita sudah mulai berjalan dan tracing kayaknya hari ini (sudah mulai) karena mereka sudah koordinasi dengan Sekwan. Semua potensi tapi nanti dicari siapa yang erat,”tandas Kasrul.

Reporter      : Aris Wuarbanaran

Editor          : Redaksi

Check Also

Sekda Pimpin Rapat Pra Evaluasi Jelang Penilaian RB-SAKIP Oleh KemenPAN-RB

AMBON,N25NEWS.com-Sekretaris Daerah Maluku, Kasrul Selang, memimpin Rapat Pra Evaluasi Pelaksanaan  Reformasi Birokrasi dan Sistem Akuntabilitas …