Home / Maluku / Sekda: Perangi Kemiskinan dan Pengangguran Jadi Prioritas Pemda Maluku

Sekda: Perangi Kemiskinan dan Pengangguran Jadi Prioritas Pemda Maluku

AMBON,N25NEWS.COM – Pergulatan Pemerintah Daerah guna memerangi kemiskinan dan pengganguran di Provinsi Maluku kini menjadi tanggung jawab besar Pemerintah Daerah.

Menjawab hal ini, Sekertaris Daerah Maluku, Hamin Bin Taher kemudian mengakui pihaknya sementara menggalakan program prioritasnyanya yang kemudian mengarah pada
Penyelesaian masalah pembangunan yang saat ini menjadi gumulan bersama di Daerah.

Kepada awak media, Senin (19/03/18) pada Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon Taher kemudian menegaskan kepada seluruh pimpinan perangkat daerah Provinsi Maluku agar bersama-sama mencari solusi melalui program prioritas tersebut.

Tatkala, melalui usungan tema ‘Percepatan dan pemerataan pembangunan untuk pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dalam mempercepat penurunan kemiskinan dan pengangguran’ diharapkan memberikan dampak positif bagi pencapaian target Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah.

“Di tengah upaya Pemerintah Provinsi Pemprov Maluku kita masih diperhadapkan dengan keterbatasan kemampuan fiskal untuk mengalokasikan belanja pembangunan sesuai yang direncanakan,” pungkasnya.

Menurut Taher, usungan tema ini kemudian menitik-beratkan pada upaya pengurangan kesenjangan antar wilayah, pengurangan kemiskinan dan pengangguran serta beberapa isu strategis yang masih menjadi masalah pembangunan di daerah.

“Masalah tersebut antara lain, tata kelola pemerintahan dan manajemen keuangan daerah, yang belum efektif dan efisien. Terbatasnya infrastruktur dan cakupan energ. Belum optimalnya pelayanan oendidikan dan kesehatan. Masih rendahnya ketahanan pangan daerah. Termasuk, belum optimalnya iklim usaha dan investasi,” bebernya.

Ditambahkannya, belum berkembangnya budaya kreativitas, inovasi dan teknologi; rendahnya daya saing ekonomi daerah dan komoditas keunggulan daerah; belum optimalnya oemanfaatan penataan ruang; pengelolaan lingkungan hidup dan daya dukung pulau-pulau kecil; ketimpangan antar wilayah; serta belum sinerginya perencanaan dan pelaksanaan pembangunan daerah.

“Sehingga dalam upaya untuk mengatasi permasalahan mendasar yang masih perlu diatasi dan ditingkatkan, penyusunan program dan kegiatan RKPD tahun 2019, harus diarahkan pada sejumlah prioritas daerah yang ada,” tutupnya. (Aris Wuarbanaran)

 

 

About admin

Check Also

Pengurus Assosiasi Pedagang Pasar Rakyat Kota Piru Di Lantik Bupati

PIRU,N25NEWS.COM– Sesuai SK Bupati SBB nomor 510-445 Tahun 2018, Bupati SBB Drs H. Muh Yasin …