Home / Agama / Sekda Sambut Rombongan Jemaah Haji Kloter 10
Tiba di bandara Pattimura Laha kedatangan rombongan haji kembali disambut Sekretatis Daerah (Sekda) Provinsi Maluku Hamin Bin Taher.

Sekda Sambut Rombongan Jemaah Haji Kloter 10

AMBON,N25NEWS.COM – Setelah sebelumnya Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi debarkasi Makasar menerima kedatangan rombongan haji Maluku kloter 10 yang berjumlah 455 jemaah setelah kembali menunaikan rukun Islam ke-5, selanjutnya dengan menggunakan penerbangan Garuda Indonesia Airlines (GIA) dari bandara internasional Hasanudin Makasar menuju bandara Pattimura Laha kedatangan rombongan haji kembali disambut Sekretatis Daerah (Sekda) Provinsi Maluku Hamin Bin Taher.

Penyambutan rombongan haji pertama berjumlah 123 jemaah, berlangsung di pelataran Masjid Raya Al Fatah Ambon, Rabu(5/9) disambut pihak keluarga yang juga turut hadir menyaksikan jalanya proses penerimaan dan penyerahan jemaah haji oleh Sekda Maluku.

Pantauan koran ini dilokasi, Proses penerimaan jemaah haji Maluku yang berjumlah 1071 jemaah yang tergabung dalam kloter 10, 11 dan 12 secara simbolis ditandai dengan penyerahan bendera kloter dari Ketua kloter 10 Hi Wahab Putuhena kepada Sekda Maluku yang didampingi Kabag TU Kanwil Kemenag Maluku Jamaludin Bugis S.Ag mewakili Kakanwil Kemenag Maluku.

Ketua Kloter 10 dalam laporannya menjeleskan, jemaah haji Maluku yang tergabung dalam kloter 10  embarkasi Makasar, setelah tiba di bandara Madina telah melakukan proses ibdah haji dengan selamat hingga kembali ke tanah air dalam keadaan utuh dengan jumlah 455 jemaah dan kini tiba di Ambon dengan selamat tak kurang satu apapun.

Dijelas, meskipun dengan cuaca yang begitu extrim serta, tapi tidak membuat jemaah tetap tegap untuk menjalani ibadah haji hingga selesai.

“Kami selama berada di Mekkah, terlebih khusus di Arafah dihantam badai gurun yang cukup deras, tetapi ibadah kita tetap bertahan hingga berakhirnya semua prosea ibadah haji dan selamat tanpa ada satu cacatpun hingga kembali ke tanah air juga dengan selamat,”ujar Putuhena.

Sementara itu Kakanwil Kemenag dalam laporan tertulis singkat yang dibacakan Kabag TU mengatakan, dari 1071 jemaah haji Maluku embarkasi Makasar dengan ijin Allah telah tiba di tanah air dengan selamat, kecuali hanya terdapat dua jemaah haji yang sudah kembali pulang dipanggil Allah dan jenazah masin-masing sudah di kebumikan yakni, jemaah asal Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dan satu lainnya berasal dari Kabupaten Maluku Tenggara (Malra).

Mengingat keterbatasam ruang dan waktu. proses kembalinya jemaah yang tergabung dalam tiga kloter akan dilakukan secara bertahap selama tiga hari yang dimulai dari klotee 10 hingga.kloter 12.

Sementara itu Sekda Maluku dalam arahan singkatnya menjelaskan.  selama kurang lebih 40 hari menjalankan ibdah haji di Mekkah dan kini telah kembali dengan selamat ke tanah air. patut disyukuri atas apa yang telah dijalankan dalam memenuhi tuntunan rukun Islam ke~5 dalam menjalankan ibadah haji dengan predikat haji mabrur.

Hal tersebut tentu merupakan kebahagiaan tersendiri, bagi jemaah yang baru selesaikan ibadah haji dengan menyandang predikat haji yang mabrur, dimana.predikat tersebut tidak mudah dicapai jika tidak dijalankan dengan khusus sesuai tuntunan ibadah haji.

“Saya berharap sekembalinya jemah haji ke masing-masing daerah, para jemaah dapat menunjukan sikap dan tingkah laku yang berbeda dari sebelumnya, dengan menunjukan kehidupan yang Islami dan tetap bertaqwa dengan kehidupan yang lebih baik.

“Sekali.lagi selamat datang di Maluku dan berkumpul dengan sanak sudara dan keluarganya agar mendapat berkah yang lebih baik.

Oleh : Gali Markalin

About admin

Check Also

Pendam XVI/Pattimura Silaturahmi Dengan Insan Media

AMBON,N25NEWS.COM – Penerangan Kodam XVI/Pattimura menggelar kegiatan Komunikasi Sosial atau silaturahmi dengan insan media baik …