Sekda,Sensus Penduduk 2020 Gunakan Dua Metodologi

AMBON,N25NEWS.com-Sensus Penduduk yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 ini,merupakan sensus kali ke 7 yang diselenggarakan sejak Indonesia merdeka dan akan menorehkan sejarah baru dalam perjalanan perstatistikan di Negara ini.

Hal ini disampaikan Sekda Maluku,dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan ESDM Provinsi Maluku,Martha Nanlohy,pada acara Rapat Koordinasi Daerah Sensus Penduduk 2020 Tingkat Provinsi Maluku,yang berlangsung di Swissbell Hotel,Ambon,kamis (13/2).

“Saya katakan sejarah baru karena untuk pertama kalinya sensus penduduk di tanah air akan menggunakan dua metodologi yaitu menggunakan data data administrasi kependudukan sebagai dasar pendataan lapangan dan pendataan secara tradisional dari rumah ke rumah,tetap dilakukan,”kata Sekda.

Dijelaskannya,terobosan penting lain yang dilakukan dalam SP 2020 adalah secara online (SP Online),mengikuti perkembangan zaman dan teknologi,selain itu sensus pun sekarang dapat dilakukan secara mandiri oleh masyarakat secara online.

Adapun,perencanaan pembangunan yang baik sulit terwujud jika tidak didukung oleh data yang berkualitas,oleh karena itu suksesnya SP 2020 di Maluku adalah tanggung jawab bersama,sebab hasil SP akan digunakan pemerintah pusat hingga daerah dalam perencanaan,monitoring dan evaluasi pembangunan di Maluku.

Baca juga :   Dibuka Presiden, Gubernur Maluku Hadiri Rakornas Investasi 2020

“Kita ingin pembangunan semakin merata,pertumbuhan ekonomi juga semakin berkualitas dan jumlah penduduk miskin semakin menurun.Semua keinginan itu akan lebih mudah dicapai jika kita melandaskan seluruh perencanaan pembangunan dari data yang akurat,terpercaya dan up to date,”jelas Sekda.

Sementara itu,jumlah Maluku pada 2018,sebagaimana yang diproyeksikan BPS dan Bappenas berjumlah sekitar 1.773.776 jiwa,sedangkan data yang bersumber dari Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) semester 2 tahun 2018 berjumlah 1.847,097 jiwa.

“Untuk itu,kami menyambut baik upaya BPS Provinsi Maluku dalam membangun koordinasi dengan pihak-pihak terkait,dengan Pemda Maluku,maupun swasta,institusi pendidikan dan penelitian serta masyarakat luas agar,bersama-sama berpartisipasi dalam mencatat maluku,mencatat Indonesia,’tandas Sekda.

Reporter       : Aris Wuarbanaran

Editor           : Redaksi

 

Check Also

Billy Mambrasar,Ibu Widya Miliki Energi Besar

AMBON,N25NEWS.com-Staf Khusus Presiden Republik Indonesia,Billy Mambrasar,mengakui Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku,Widya Murad Ismail,memiliki energi …