Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) Hadir di Ohoi Dian Pulau Kabupaten Malra

MALRA,N25NEWS.com – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional menetapkan Sekolah Madrahas Tsanawiah dan Madrasah Ibtidaiyah di Kampung KB Ohoi Dian Pulau sebagai Sekolah Siaga Kependudukan.

Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Dra. Renta Rego dalam sambutannya saat pembukaan Sosialisasi Pedoman dan Materi unruk Sekolah Siaga Kependudukan mengatakan bahwa, tentu banyak bertanya apa itu SSK, mengingat istilah ini masih baru. SSK (Sekolah Siaga Kependudukan) adalah Sekolah yang mengintegrasikan Pendidikan Kependudukan ke dalam beberapa mata pelajaran sebagai materi pembelajaran, dimana didalamnya terdapat pojok kependudukan sebagai salah satu sumber belajar peserta anak didik sebagai upaya pembentukan generasi berencana, agar guru dan peserta didik dapat memahami isu kependudukan dan guru mampu mengintegrasikan isu kependudukan kedalam pembelajaran.

“SSK didefinisikan sebagai implementasi operasional pengendalian penduduk dan keluarga berencana dengan program-program pendidikan terintegrasi dikelola dari, oleh penyelenggara pendidikan melalui pemberdayaan sekolah serta memberikan kemudahan atau akses siswa untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan khusus bidang kependudukan dan keluarga berencana, pendidikan kesehatan dan pemberdayaan ekonomi kreatif serta program sektor lainnya,”terang Rego.

Baca juga :   Kampung Pisang Kembali Banjir Rob,Warga Keluhkan Tidak Adanya Solusi Dari Pihak Desa Poka

Kepala Dinas Pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berencana Kabupaten Maluku Tenggara Drs. H. Thalib Renhoran menyambut baik kegiatan ini.

Ia mengatakan bahwa Sekolah Siaga Kependudukan ini tidak semua Sekolah yang dapat kesempatan tetapi ini untuk pertama kali di laksanakan di Kampung KB, dan atas koordinasi Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku dan Dinas Pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berencana Kabupaten Maluku Tenggara, maka Ohoi Dian Pulau melalui Madrahas Tsanawiah dan Madrasah Ibtidaiyah ditetapkan sebagai Sekolah Siaga Kependudukan.

Dia berharap, peserta dapat mengikuti Sosialisasi ini dengan baik sehingga dapat memahami secara cermat apa sebenarnya Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) itu.

Editor : Redaksi

Sumber Humas BKKBN Maluku

Check Also

Kampung Pisang Kembali Banjir Rob,Warga Keluhkan Tidak Adanya Solusi Dari Pihak Desa Poka

AMBON,N25NEWS.com-Banjir Rob kembali melanda RT 003/RW 01 komplek  Kampung Pisang Desa Poka Kecamatan Teluk Ambon,akibatnya …