Breaking News

Sektor Perikanan Di Maluku Harus Diberi Ruang Guna Menata Potensinya

AMBON,N25NEWS.COM-Potensi perikanan di Maluku,masih perlu diperhatikan lebih jauh lagi.Pasalnya,masih banyak hambatan yang ditemukan dan perlu segerah mendapatkan penaganan strategis dan tepat sasaran.

“Potensi perikanan di Maluku itu sangat melimpah,itu tidak bisa diragukan lagi.Tetapi,pengelolaan sumber daya alam (SDA) di daerah-daerah terpencil sana masih sangat minin.Hal ini disebabkan regulasi yang memberikan ruang bagi Pemda Maluku untuk menata potensi perikanan di Maluku,”ujar Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathanel Orno.

Orno memaparkan,seharusnya sektor perikanan yang merupakan salah satu sektor unggulan di Maluku ini,harus diberi kewenangan lebih kepada Gubernur Maluku yang di bantu dengan Bupati/Walikota dapat memaksimalkan potensi perikanan di Maluku.

“Bayangkan saja produksi ikan nasional yang mana 100 persen itu tidak terlepas dari pada andil Maluku yang mana produksi ikan nasional itu ada 36-40 persen ikan diambil dari Maluku,”jelasnya.

Kondisi ini memang sangat belum memihak kepada para nelayan dan pelaku usaha perikanan.Maka Pemda Maluku sangat mengharapkan pemerintah pusat dapat menciptakan regulasi yang efektif bagi perkembagan sektor perikanan di Maluku.

“Ini kan lucu,misalnya kalau kita kuatir soal stok ikan,kalau hari ini kita semua ditanya benarkah ikan itu 36-40 persen di ambil dari Maluku pasti saya menjawab saya tidak lihat,karena apa kapal dari luar datang langsung ambil ikan di laut kita tidak tahu,”kata dia.

Baca juga :   Menkes RI Berikan Nama RSUP dr.J.Laimena,Gubernur Maluku Sampaikan Apresiasi

“Hari ini kita kasih bantuan spead perikanan untuk para nelayan,tapi mereka tidak produktif karena sistem rigulasi yang tidak memungkinkan akhirnya dimana-mana rakyat Maluku punya hidupnya itu hanya konsuntif bukan produktif,”tandasnya.

Sementara itu salah satu visi misi kami yaitu ikan harus ke darat sesuai impelamntasi program permerintah pusat lewat Kementerian Perikanan,itu meneggelamkan kapal-kapal asing beropersi tanpa izin.Tapi sebenarnya dari sisi implementasi bagaimana program pemda provinsi maupun kabupaten/kota untuk ikan itu ke darat.

Tatapi kalau kita mau bagun investasi di daerah kita harus mengurus izin yang panjang ke pusat ini mungkin menjadi masukan ke pemerintah pusat sehingga memberikan kewenangan kepada pemerimtah provinsi sebagai wakil pemerintah pusat.

“Untuk itu kita akan mau mengajak investor sesuai arahan Gubernur Maluku untuk membagun pusat-pusat pendaratan ikan di Maluku.Mungkin akan ditentukan wilayah selatan,tengah dan utara mungkin,tapi terakhir kita akan berurusan dengan pemerintah pusat,”tutupnya.

Reporter     : Aris Wuarbanaran

Editor        : Redaksi

 

About admin

Check Also

Tim Tanggap Darurat DPRD Maluku Tinjau Pelayanan Kesehatan Tulehu

Alimudin : Sudah Tidak Ada Pasien Prabayar AMBON,N25NEWS.com -Mendengan informasi adanya pemberlakukan pelayanan kesehatan pra …

×

N25NEWS.com