Selain TBC, Pemkot Ambon Bakal Perbaiki Stanting Dan Imunisasi

AMBON,N25NEWS.COM – Bahaya Tuberculosis kapan saja bisa menyerang warga Kota Ambon.

Untuk itu, pemerintah Kota Ambon telah mengupayakan sejumlah program pencegahannya guna menjauhkan masyarakat dari wabah penyakit yang mampu menyerang organ paru-paru  manusia.

Di Kota Ambon sendiri, Oleh Dinas Kesehatan Kota Ambon, di lansir bahwa masyarakat yang menderita Tuberculosis terbilang masih banyak jumlahnya.

“Entah berapa banyak jumlahnya, saya belum bisa pastikan sebab data tersebar untuk penyakit Tuberculosis di kota Ambon juga belum dirampung. Akan tetapi pihak kami akan tetap mengupayakan pencegahan bagi para penderitanya,” ucap Kepala Dinas Kegiatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy saat di konfirmasi N25NEWS.COM (10/03) lalu di Kota Ambon.

Guna menjawab kebutuhan kesehatan warganya, maka Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Kesehatan mulai menjalankan program prioritasnya.

“Melalui program Indonesia Sehat, pihak kami yakni Dinas Kesehatan dibantu oleh ke 22 tenaga Kesehatan Puskesmas Se-Kecamatan dikota Ambon, memulai pencegahannya dengan melakukan pendekatan keluarga. Kegiatan ketuk pintu namanya. Kami masuk dari rumah ke rumah, apabila ditemukan gelajanya secara dini maka akan diobati sesegera mungkin,” pungkas Pelupessy.

Baca juga :   Sekkot Ambon Sosialisasi Vaksinasi COVID-19 Di  RT 006/05 Wainitu

“Sementara ini, kita sudah mulai melaksanakannya. Jadi pihak kami menjemput bola dilapangan,” tambahnya.

Selain mencegah merambahnya penyakit TBC pada warga Kota Ambon, pihaknya juga melaksanakan tugas ini dalam rangka peringatan hari TBC Sedunia yang jatuh pada (24/03) mendatang.

Inilah yang kemudian menjadi prioritas Kementerian Kesehatan RI tahun 2018 yakni Eliminasi TBC. Dengan memperkecil kasusnya menuju Eliminasi 2032.

Bukan itu saja, Pelupessy menambahkan selain Eliminasi TBC, Pemkot Ambon juga akan melakukan Perbaikan Stanting (Bayi-Bayi Kerdil) agar kedepan ada perbaikan gizi. Yang terakhir, ialah peningkatan Imunisasi. (Amy Latuny)

Check Also

PT Pos Indonesia Akan Melakukan Pendistribusian Vaksin COVID-19 Di Maluku 

AMBON,N25NEWS.com-Setelah resmi diumumkan vaksin coronavac yang diproduksi oleh Sinovac Biotech mendapatkan  izin  penggunaannya dalam  kondisi …