Seleksi Petugas Haji Maluku Tingkat Kabupaten/Kota Diikuti 90 Orang

MALUKU,N25NEWS.COM – Kementerian Agama (Kemenag) kembali menggelar seleksi petugas haji tahun 1441H/2020 M secara serentak di seluruh wilayah Kabupaten/Kota se-Indonesia pada 4 Februari 2020 hari ini.

Pelaksanaan seleksi Kabupaten/Kota se- Maluku sendiri diikuti 90 orang peserta. Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kemenag Maluku, H.Yamin mengungkapkan, jumlah tersebut disaring dari 101 pelamar yang mendaftar untuk mengikuti seleksi petugas haji di tahun ini.

“Sampai saat ini dari 101 orang pelamar yang lolos administrasi untuk mengikuti seleksi tingkat Kabupaten/Kota berjumlah 90 orang,” ungkap Yamin saat dihubungi melalui telepon selulernya, Selasa (4/2).

Yamin menjelaskan, seleksi petugas haji tingkat Kabupaten/Kota merupakan tahap pertama. Kemenag akan menjaring satu peserta terbaik dari keterwakilan masing-masing daerah untuk ikut dalam seleksi tahap kedua tingkat Provinsi Maluku.

“Tahun ini kita kita menyeleksi para peserta dari tingkat Kabupaten/Kota hingga tingkat Provinsi untuk mendapatkan 10 orang petugas haji yang terbagi didalamnya TPHI 2 orang, TPIHI 3 orang, akomodasi 1 orang, transportasi 1 orang, konsumsi 1 orang, siskohat 1 orang, dan pembimbing 1 orang,” kata Yamin merincikan.

Menurut Yamin, berbeda dengan tahun lalu, seleksi tingkat Kabupaten/Kota kali ini sudah menggunakan sistem Computer Asissted Test (Cat). Hal ini dilakukan agar proses pelaksanaannya lebih transparan, akuntabel, serta terhindar dari praktek kolusi, korupsi, dan nepotisme.

“Proses seleksi dilakukan selektif mungkin. Kita membutuhkan petugas yang mempunyai komitmen dalam membina, melayani, dan melindungi jemaah,” tandasnya.

Sementara terkait pelaksanaan seleksi petugas haji, Plt Kakanwil Kemenag Maluku, Jamaludin Bugis pada kesempatan yang sama menghimbau kepada seluruh Kepala Kemenag Kabupaten/Kota se- Provinsi agar mengedepankan aspek profesional, transparan, jujur, adil dan amanah.

“Kepada seluruh peserta saya juga mengucapkan selamat mengikuti seleksi ini dengan niat karena Allah SWT dan tertib mengikuti ketentuan seleksi,” pesan Plt Kakanwil yang disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Yasir Rumadaul saat membuka pelaksanaan petugas haji di Kanwil Kemenag Provinsi Maluku.

Untuk diketahui, sebanyak 90 orang peserta mengikuti seleksi petugas haji tahap pertama tingkat Kabupaten/Kota, terdiri dari Kanwil Kemenag Maluku sebanyak 11 orang, Kota Ambon 9 orang, Kabupaten Maluku Tengah 14 orang, Kabupaten Maluku Tenggara 7 orang, Kabupaten Seram Bagian Barat 4 orang, Kabupaten Seram Bagian Timur 8 orang, Kabupaten Kepulauan Aru 6 orang, Kabupaten Maluku Tenggara Barat 1 orang, Kabupaten Buru 20 orang, Kota Tual 2 orang, Kabupaten Buru Selatan 6 orang, dan ditambah Kabupaten Maluku Barat Daya 2 orang.

Adapun nilai passing grade secara nasional yang ditetapkan adalah 60. Puluhan peserta harus memenuhi standar nilai tersebut untuk lolos ke tahap seleksi berikutnya di tingkat Provinsi Maluku.

Untuk proses pelaksanaan seleksi di Kanwil Kemenag Maluku dan Kota Ambon dipantau langsung oleh Plt Kakanwil bersama sejumlah pejabat eselon III/IV Kanwil Kemenag Maluku.

Sumber :ZAM

Editor : Redaksi

 

Check Also

Lewat Rakor, Pemprov – Kemenag Percepat Tahun 2020 Maluku Jadi Embarkasi Haji

AMBON,N25NEWS.com -Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) bersama Kementerian Agama (Kemenag) Maluku untuk mempercepat terwujudnya …