Home / Maluku / Semangat Patriotisme dan Nasionalisme Bukan Saja Bagi TNI/Polri,Para Veteran Tapi Harus Di Miliki Masyarakat
Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam XVI Pattimura),Brigjen TNI Asep Setia Gunawan,saat memimpin Upacara Hari Pahlawan 10 November 2018 kemarin di Lapangan Merdeka Ambon.

Semangat Patriotisme dan Nasionalisme Bukan Saja Bagi TNI/Polri,Para Veteran Tapi Harus Di Miliki Masyarakat

AMBON,N25NEWS.COM-Upacara memperingati Hari Pahlawan 10 November yang berlangsung hikmat di Lapangan Merdeka Ambon.Upacara Hari Pahlawan ini yang bertujuan menghormati para pahlawan yang dengan semangat patriotisme yang begitu luar biasa dalam mempertahankan kedaulatan NKRI,terwujud dalam pertempuran di Kota Surabaya yang begitu hebat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam XVI Pattimura),Brigjen TNI Asep Setia Gunawan,saat memimpin Upacara Hari Pahlawan 10 November 2018 kemarin di Lapangan Merdeka Ambon.

Lebih lanjut Gunawan mengatakan,”Sesuai dengan tema dari perayaan Hari Pahlawan kali ini yaitu Pesta Para Pahlawan maka akan membangun semangat Patriotisme dan Nasionalisme bukan saja bagi TNI/Polri,para Veteran,tetapi semangat tersebut harus dimiliki oleh semua lapisan rakyat Indonesia,”kata Gunawan.

Pertempuran Surabaya pada waktu 10 November 1945 menunjukan kepada Dunia Internasional bahwa rakyat Indonesia yang majemuk terdiri dari berbagai suku,agama budaya dan golongan bersama,berbaur menjadi satu tanpa membedakan satu dengan lainnya untuk satu tujuan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang merupakan harga mati.

“Saya sangat bangga dan mengapresiasi hidup persaudaraan di Maluku yang dengan budaya Pela dan Gandongnya,sehingga dengan momen hari pahlawan ini lebih mempererat lagi tali persaudaraan antar semua masyarakat Maluku dengan semangat siwalima untuk pembangunan Maluku yang lebih baik,”jelas Gunawan.

Pada kesempatan di perayaan Hati Pahlawan tersebut Kasdam XVI Pattimura juga menyerahkan bingkisan kepada para Veteran,serta juara lomba kebersihan pada tingkat sekolah mulai dari tingkat SD,SMP dan SMA se Kota Ambon.

“Saya harapkan lagi bukan saja momen Hari Pahlawan dan hari-hari besar lainnya saja untuk kita ciptakan kebesamaan dan keharmonisan di Maluku ini,tetapi setiap saat kita harus mempunyai peran akatif terhadap kepentingan Maluku ini,baik dari sisi kebersihan,keamanan dan kedamaian harus tetap kita jaga,”tandas Gunawan.

Oleh : Aris Wuarbanaran

About admin

Check Also

Disub Maluku Surati Kementerian Perhub,Minta Berih Sangsi Maskapai Terkait Harga Tiket Melebihi Batas Atas

AMBON,N25NEWS.COM-Banyak warga masyarakat yang mengeluh mahalnya harga tiket pesawat menjelang perayaan Hari Natal dan Tahun …