Breaking News

Semua Program Dinas Pertanian Sistemnya Baten Up (Dari Bawa Keatas

AMBON,N25NEWS.COM-Semua usulan rancangan program itu sistemnya Botom Up (dari bawah ke atas) jadi tidak ada Top Douwn (Provinsi yang menentukan) tidak sesuai kebutuhan Kabupaten/Kota dan sistemnya itu E Proposal,oleh Kementerian Pertanian tahun 2020 diwajibkan untuk mengirim.proposal melalui elektronik.

Hal ini dikatakan Diana Padang Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku,kepada awak media disela-sela Acara Pertemuan Koordinasi Dan Sinkronisasi Pembangunan Pertanian Provinsi Maluku Tahun 2019 di Kantor Dinas Pertanian Provinsi Maluku,senin (04/03/2019).

Lebih lanjut Padang mengatakan,”Semua kegiatan yang akan dianggarkan pada 2020 itu berdasarkan usulan dari Kabupaten/Kota yang sampai ke tingkat Provinsi dengan demikian tidak ada masalah yang saling menyalakan,untuk Dinas Pertanian itu tidak ada,karena calon petani,calon lokasi itu sudah ada duluan dalam proposal yang dilampirkan dan dalam proposal itu harus ditetapkan anggaran sesuai dengan kebutuhan,”kata Padang.

Sementara itu anggaran yang di gelontorkan yang diturunkan akan diatur-atur,tetapi untuk Kementerian Pertanian tidak berlaku sebab semua berdasarkan kebutuhan dari calon petani dan calon lokasi.

Baca juga :   Harga Kebutuhan Pokok Di Pasar Ambon Masih Stabil Dan Cukup

“Jadi misalkan kebutuhan untuk cetak sawah di Kabupaten Buru maka sudah ada dasar dari Kabupaten sekian baru diturunkan anggaran jadi bukan anggaran turun lalu kita cari-cari anggaran bukan tidak,”ungkap Padang.

Dinas Pertanian adalah dinas sapu jagat yang didalamnya ada Bidang Pangan,Holtikultura,Perkebunan,Perternakan dan Penyuluhan.Penyuluhan ini Dinas Pertanian bicarakan tentang SDM.

“Untuk itu dari Bidang Perkebunan yang pada bulan April kita harus ada penyerapan anggaran yaitu 50 persen hal inibyang harus kita kejar,karena walaupun kita provinsi kejar,tapi kalau kabupaten/kota diam saja berarti kita terlambat disini sebab kita harus genjot kabupaten/kota mahu realisasikan anggaran baik dari TPA Mandiri Provinsi maupun TPA Mandiri Kabupaten/Kota,”tandas Diana Padang.

Reporter : Aris Wuarbanaran
Editor :Redaksi

About admin

Check Also

Usai Lebaran, Harga Kebutuhan Pokok Justru Naik

AMBON,N25NEWS.COM-Usai hari Lebaran 1440 H 2019, sejumlah harga kebutuhan pangan di beberapa pasar tradisional di …