Breaking News

Sentra Produksi Buru Dan Pulau Seram Kosong,Cabe Di Pasar Mahal

AMBON,N25NEWS.COM -Komoditi cabe pada sentra produksi lokal seperti Pulau Buru dan Pulau Seram mengalami kekosongan yang cukup signifikan hal ini membuat harga cabe di pasaran sangat mahal.

Menurut Kabid Holtikultura Dinas Pertanian Provinsi Maluku,Ir.Rachmatia.Amman pada saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan kelangkaan cabe di sentra lokal ini karena tahun 2019 ini Dinas Pertanian Provinsi Maluku baru mulai pengembangan dan penanaman.

“Kita dari dinas pertanian tahun 2019 ini baru mulai pengembangan,sedangkan yang stok bibit yang ada di petani itu adalah sisa-sisa dari pengembangan tahun di tahun 2018 jadi stok cabe lokal sangat berkurang,”kata dia,kamis (13/6/2019).

Adapun salah satu gaktor terjadinya kelangkasn komoditi cabe lokal ini,karena para pedagang dari luar mereka langsung mengambil komoditi tersebut di petani,sehingga menyebabkan harga cabe di pasaran melambung tinggi.

“perlu di ketahui lagi bahwa tanaman cabe ini sangat rentan terhadap serangan hama penyakit,maka dengan cuaca alam seperti hujan ini,maka di tahun 2019 belum untuk dinas pertanian belum ada pengembangan untuk penanaman,yang ada hanya petani menanam memakai sisa-sisa dari tahun 2018,”jelasnya.

Sementara itu,di tahun 2019 ini dinas pertanian telah menyediakan lahan seluas 280 hektare untuk penanaman komoditi cabe lokal ini,yang lokasinya berada di Kabupaten Maluku Tengah,Maluku Tenggara,SBB,Buru dan Kota Ambon.

“Untuk itu,diharapkan adanya koordinasi antara dinas pertanian dan dinas perindag untuk dalam waktu dekat pihak Indag Provinsi Maluku dapat mendatangkan stok cabe dari sentra produksi di luar guna meminimalisir ketersediaan stok cebe di pasaran,”tandasnya.

Reporter : Aris Wuarbanaran
Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Nilai Ekspor Komoditi Laut Maluku Pada Bulan Juli 2019 Mencapai 7,3 Juta US Dolar

AMBON,N25NEWS.COM-Nilai ekspor langsung komoditi hasil laut dari Ambon,hingga minggu ke tiga bulan Juli 2019 ,melalui …