Home / Pendidikan / Setelah Beralih Status,Ini yang Di Lakukan IAKN Ambon
Rektor Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon Dr.A.Ch.Kakiay,M.Si

Setelah Beralih Status,Ini yang Di Lakukan IAKN Ambon

AMBON,N25NEWS.COM – Setelah pengalihan status menjadi Institut  Agama Kristen Negeri Ambon (IAKN Ambon) Civitas Akademika IAKN patut berbangga diri karena melalui proses yang panjang akhirnya Negara merestui pengalihan status tersebut.

Kepada N25NEWS.COM dan Radio N25,Rektor Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon  Dr.A.Ch.Kakiay,M.Si  menegaskan bahwa proses pengalihan status dari sekolah tinggi ke Institut intensifnya sudah mulai dari tahun 2013.

“Dengan di keluarkannya Peraturan Presiden ( PP) No.12 tahun 2018 tentang  pengalihan status dari Sekolah Tinggi Agama Kristen ke Institut Agama Kristen Negeri maka tanggal 20 Maret Saya (Dr.A.Ch.Kakiay-red )oleh Menteri Agama RI dilantik  menjadi Rektor yang pertama  Institut Agama Kristen Negeri (IAKN)Ambon,”tegas Kakiay.

Iapun mengsyukur apa yang sudah di lakikan civitas akademika IAKN Ambon dalam mendapatkan  restu dari Negara,jadi secara hukum sudah legal.

“Saat ini kami masih menunggu proses selanjutnya merangkumkan ortaker dan menunggu peraturan Menteri Agama tentang Organisasi dan tata kerja IAKN Ambon setelah itu juga kita menunggu statute IAKN Ambon  dan baru terjasdi restrurusasi kelembagaan organisasi.

Sesuai UU No.12 tahun 2012 itu ada kewenangan pengelolaan pendidikan di tingkat sekolah tinggi,Politeknik,institute dan universutas itu berbeda jadi segi kapasitas kelembagaan Institute jauh lebih besar dari Sekolah Tinggi.

Karena di Institut sudah peluang un tuk membuka pengembangan prodi itu sudah lebih ke rumpun ilmu waaupun belum seperti Universitas yang di mungkinkan untuk membuka bidang-bidang ilmu umum e-sata dan non e-stra  tapi kalau di tingkat Institut itu rumpun ilmunya lebih luas.

Kita punya kewenangan untuk membuka prodi-prodi baru

Dari segi anggaran otomstis lebih tinggi dari Sekolah Tinggi karena membiayai struktur organisasi yang lebih besar ke mudian di tambah bidang program studinya lebih luas,otomatis akan berdampak kepada anggaran.

Baca juga :   Wih, Siswa SMPN 6 Ambon Raih UN Tertinggi Di Maluku

Pembahasaan status STAKPN di bahasa lintas kementerian karena menyangkut juga anggaran.

Saya kedepan IAKN dalam pengalihan status ini dapat memperluas prodi dan memperluas peluang-peluang bidang studi lain bagi masyarakat baik In donesia secara umum dan Maluku khususnya.

 

About admin

Check Also

Hari Senin Rencana Plt Gubernur Wisuda Siswa Lulusan SPUM Oleh : Gali Markalin

“Selama ini kan kalau pengukuhan siswa baru itu dilakukan oleh Walikota dan pada saat siswa …