Breaking News

Siap Berlaga Tingkat Provinsi, 10 Penyuluh Agama Islam Ikut Seleksi

AMBON,N25NEWS.COM-mempersiapkan peserta terbaik dalam even tingkat Provinsi, sedikitnya 10 tenaga penyuluh agama Islam tingkat Kantor Urusan Agama (KUA) mengikuti seleksi tingkat Kota Ambon.

Seleksi yang dikemas dalam bentuk lomba karya ilmia yang digagas Seksi Urusan Agama Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Ambon tahun 2019 mengangkat tema”Peran Penghulu Dalam Membangun Moderasi Beragama dan Menjaga Kebersamaan Umat” dibuka Kakamenag Kota Ambon Dra Zein Firdaus Kaisupy di aula Kemenag Ambon, Kamis(27/6/2019).

Peserta yang mengikuti seleksi lomba karya ilmia merupakan terwakilan penghulu KUA di empat Kecamatan di Kota Ambon.

Mengawali seleksi lomba Kaisupy dalam sambutan singkatnya menjelaskan, berdasarkan Peraturan Menteri Agama (PMA) nomor 34 Tahun 2016 tugas dan fungsi KUA itu ada sembilan, layanan pernikahan hanya salah satunya, ini harus kita sampaikan kepada masyarakat agar KUA tidak hanya dipahami sebagai tempat urus pernikahan antara lain, pertama pelayanan, pengawasan, pencatatan dan pelaporan nikah dan rujuk. Dua penyusunan statistik layanan dan bimbingan masyarakat Islam. Tiga pengelolaan dokumentasi dan system informasi manajemen KUA Kecamatan. Empat pelayanan bimbingan keluarga sakinah. Lima pelayanan bimbingan kemasjidan. Enam pelayanan bimbingan hisab rukyat dan pembinaan Syariah. Tujuh
pelayanan bimbingan dan penerangan agama Islam. Delapan
pelayanan bimbingan zakat dan wakaf dan sembilam pelayanan ketatausahaan dan kerumahtanggaan KUA Kecamatan.
Terkait dengan pembinaan manasik haji, Kaisupy mengingatkan agar KUA dalam melibat petugas yang melaksanakan pembinaan, menimal memiliki sertifikat dan sudah pernah melaksanakan ibadah haji, sehingga apa yang disampaikan dapat dengan mudah dipahami dan mengerti untuk dilaksanakan kembali saat menjalankan ibadah haji.

Baca juga :   Bimas Islam Kemenag Laksanakan Penyusunan Anggaran 2020

Untuk peserta Kaisupy juga meminta agar dalam penulisannya
bisa melihat berbagai permasalahan yang ada di masyarakat.
Dengan maksud agar bisa dicari solusinya tujuan daripada mendorong orang untuk banyak membaca, sehingga jangan hanya untuk mengurus orang kawin.

Oleh sebab itu bagi tim juri diminta untuk berlaku adil dan jujur dalam melakukan penilan, sehingga apa yang dinilai dan ditetapkan dapat dipertahankan ditingkat provinsi.

“Saya sampaikan kepada kita semua saya berharap dapat memberikan pelayanan secara profesional untuk melahirkan peserta yang terbaik, jangan ada hubungan ini atau kenalan sebagainya, saya minta kita cari yang paling tepat,”pintanya.

Reporter :Rohim

Editor :Redaksi

About admin

Check Also

Kemenag Maluku Gelar Bimtek Simponi

AMBON,N25NEWS.com –  Kantor wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Maluku melalui Bidang Bimais Islam melaksanakan Bimtek …