Home / Pendidikan / Sikapi Aksi Teror Bom Surabaya,Pentury Minta Warga Maluku Tetap Bangun Semangat Toleransi

Sikapi Aksi Teror Bom Surabaya,Pentury Minta Warga Maluku Tetap Bangun Semangat Toleransi

AMBON,N25NEWS.COM – Menyikapi aksi terror bom yang belum lama ini terjadi di Kota Surabaya, Dirjen Bimas Kristen Protestan Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Thomas Pentury meminta masyarakat Maluku khususnya di Kota Ambon agar tetap membangun semangat hidup toleransi.

Pentury yang ditemui Koran ini usai menghadiri 281 wisuda Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) Ambon, Sabtu(26/5/2018) menuturkan, dalam membangun hidup bersama dalam  toleransi orang beragama tentu tidak harus dipungkiri, bahwa aksi terror bom merupakan aksi yang patut ditolak secara bersama, terutama model yang menggunakan nama agama.

“Saya kira kita dalam semangat membangun hidup bersama dalam toleransi, tentu kami tidak harus memungkiri bahwa itu aksi  terror yang perlu kita tolak secara bersama, khususnya model aksi yang gunakan nama agama,”ujarnya.

Menurut Pentury, tidak ada satupun agama di dunia khsusunya Indonesia yang mengejarkan hal-hal yang buruk termasuk aksi terror yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab, sehingga hal ini harus menjadi prioritas kedepan untuk bagaimana masyarakat Maluku untuk tetap menjaga kebersamaan hidup toleransi umat beragama di provinsi seribu pulau.

“Dan saya kira, ini harus tetap kita kedepankan dalam kehidupan kegamaan kita di Maluku dan jangan mudah terpancing dengan berbagai isu-isu yang bersifat suku, ras dan agama, tetapi bagaiman kita harus mampu membangun seluruh kemampuan SDM kita yang memiliki kecerdasan, pandai dan orang-orang yang menghargai keberagaman,”pintanya.

Maka dari itu selaku putra daerah yang dipercayakan sebagai Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI Pentruy juga berharap, masyarakat Maluku agar terus lebih mempersiapkan diri lebih baik untuk menciptakan SDM yang memiliki keutuhan dalam keberagaman, dengan tetap saling menghargai, menghormati dan saling toleransi dalam berbagai aspek kehidupan, sehingga akan menjadi modal utama dalam membangun Maluku yang lebih baik.

Meskipun nantinya akan dihadapkan dalam berbagai event penting termasuk Pilkada Maluku tetapi semua itu dalam rangka tentu mendapatkan pemimpin yang baik seperti yang diinginkan oleh rakyat, dengan harapan nantinya Maluku akan mendapat pemimpin yang diharaplan rakyat Maluku.

“Mari kita dukung sama-sama proses itu dan tetap menjaga kebersamaan dalam bertoleransi orang basudara di Maluku,”harapnya.

About admin

Check Also

Ferdinandus : Minat Baca di Maluku Masih Rendah

AMBON,N25NEWS.COM-Setelah tugas Duta Baca ini di sahkan maka nanti saya akan bersama-sama dengan Dinas Perpustakaan …