Sistem Pembelajaran Daring Dan Bekerja Dari Rumah Dilakukan,Beruatwarin Minta Ortu Kreatif

MALRA,N25NEWS.com- Di tengah gempita merebaknya kasus penyebaran virus corona (Covid-19) ternyata juga membawa dampak tersendiri bagi sektor pendidikan di Tanah Air.Maka puncaknya dengan dikeluarkannya  Surat Edaran Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 perihal Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah guna pencegahan penyebaran Covid-19 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Adapun, Penyebaran Corona Virus Disease Covid-19  yang begitu cepat dan bahkan telah merenggut korban jiwa tersebut, jelas mengundang kekhawatiran bagi para pemegang kebijakan Pemerintah khususnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud),juga dari kalangan orang tua siswa maupun mahasiswa.Mulai memberlakukan sistem pembelajaran tersebut.

“Hal ini juga berlaku di kami Kabupaten Maluku Tenggara (Malra).Olehnya saran saya kepada siswa maupun mahasiswa agar dapat belajar di rumah secara efektif sama seperti sekolah tidak diliburkan,”kata Wakil Bupati Malra Ir.Petrus Beruatwarin saat ditemui di ruangannya,belum lama ini.

Menurut,mantan Direktur pertama Politeknik Perikanan Negeri Tual ini, pemerintah pusat (Pempus) sangat wise mengambil keputusan ini, betul memang belajar secara bersama-bersama disekolah adalah penting,namun persoalannya Covid-19 yang terjadi sekarang ini sangat mudah menyebar/meluas justru dengan cara interaksi siswa yang lasim terjadi selama ini.

“Kalau siswa belajar secara efektif di rumah,maka sudah barang tentu.orang tua (ortu) harus menciptakan kondisi yang nyaman sehingga anak-anak dapat fokus.Selain itu,ortu juga dapat mengeksplor tempat disekitar rumah atau disulap menjadi tempat belajar baru,”pungkas Beruatwarin yang juga Ketua DPD Satria Kita Pancasila Malra ini.

Lebih lanjut,dikatakanya,kreasi dari ortu sangat penting seperti menjadikan teras rumah atau halaman dengan pepohonan menjadi tempat belajar,sebab dengan belajar pada area kreatif maka akan menambah semangat belajar.Selain itu,belajar secara online seperti video call,bahkan bisa juga melakukan conference call jika jumlah temanmu lebih dari satu orang.

“Untuk itu,saya menghimbau kiranya PT Telkom (Persero) Tbk dapat memberikan keringanan untuk mengratiskan layanan internet dalam beberapa bulan ini sehingga siswa dapat belajar dengan efektif karena tidak mengalami kehabisan paket datanya.Selain itu, jangan lupa makan yang teratur dan jaga kesehatan badan dengan berolah raga,”tutup Beruatwarin.

Editor        : Aris Wuarbanaran

 

 

 

 

Check Also

Di Harapkan Birokrasi Yang Populis,GMKI Cabang Tual Minta Pemda Rubah Pola Pelayanannya

MALRA,N25NEWS.com – Untuk menciptakan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme sesuai …