Breaking News

SMAN Siwalima Asramakan 180 Lebih Siswa Baru

AMBON,N25NEWS.COM -Setelah melalui seleksi penerimaan siswa dan dilanjutkan dengan pengumuman hasil seleksi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Maluku, terdapat 180 lebih siswa baru SMA Negeri (SMAN) Siwalima Ambon diasramakan.

Siswa/siswa yang sudah dinyatakan lolos dan masuk asrama, selanjutnya nanti akan mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun pelajaran 2018/2019 di sekolah selama tiga hari.

Kepada awak media usai menghadiri penyerahan siswa baru dari orang tua murid aula sekolah, Senin(1/7/2019) Kepala SMAN Siwalima Ambon Paula Tahapary mengatakan, animo masyarakat masuk mendaftarkan diri masuk SMAN Siwalima mengalami peningkatan yang cukup besar dengan jumlah capaian kurang lebih 800 pelamar.

Khusus untuk tahun ajaran 2018/2019 jumlah kuota siswa baru yang diterima mengalami kenaikan dari biasanya 90 lebih, kini naik hampir kurang lebih 200 siswa, namun semua tentu harus melalui proses seleksi yang cukup ketat, jujur dan transparan, sehingga siswa/siswi yang lolos betul-betul yang memiliki prestasi.
Bahkan jumlah siswa/siswi yang ditèrima sudah sesuai dengan kondisi ruang belajar (rombel) yang berjumpah enam ruang termasuk dengan daya tampung asrama.

“Jadi masih terdapar 180 an yang baru bisa masuk asrama, tapi masih ada juga siswa/siswi dari kabupaten/kota lainnya yang balum masuk dan masih dalam proses perjalanan dari daerahnya masing-masing menuju kesini,”akuinya.

Disinggung soal pola Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 51 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2019/2020 menggunakan sistem zonasi kata Tahapry, khusus SMA yang menggunakan asrama seperti SMAN tidak memberlakukan sistem tersebut, tetapi pemberlakukan sistem zonasi berlaku pada SMA reguler atau tidak menggunakan asrama, baik negeri atau swasta.

“PPDB tentang sistem zonasi itu berlaku pada SMA non asrama, SMAN Siwalima kan asrama, jadi dia tidak kena itu dan memang untuk kegiatan PPDB itu kami lakukan lebih awal dari sekolah reguler lainnya, sudah sejak bulan Mei kemarin,”ujarnya.

Untuk MPLS lanjut Tahapary, MPLS merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.
Dimana MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan.

MPLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah, baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga pegawai sekolah.

Reporter : Rohim

Editor :Redaksi

About admin

Check Also

Kunker Bupati dan Kadis Dikbud di Kei Besar,Masyarakat Apresiasi Program-Program Pendidikan

MALRA,N25NEWS.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maluku Tenggara  melakukan kunjungan kerja di kepulauan kei …

×

N25NEWS.com