Home / Maluku / Smart Service, Etalase Terdepan Layanan Internal dan Publik Berbasis Eletronik
Kepala Biro Umum Setda Maluku,Drs.Hadi,M,Si

Smart Service, Etalase Terdepan Layanan Internal dan Publik Berbasis Eletronik

AMBON,N25NEWS.COM-Biro Umum Setda Maluku,sebagai kepanjangan tangan Pemerintah Daerah (Pemda) Maluku,berkomitmen untuk mewujudkan Layanan Smart Service dan menjadi etalase terdepan terkait layanan  administrasi umum,layanan internal pemerintah serta layanan publik yang berbasis elektronik.

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Umum Setda Maluku,Drs.Hadi,M,Si pada acara Rapat Koordinasi Dan Simulasi Mewujudkan Layanan Pintar Smart Service Berbasis Elektronik Di Lingkup Pemerintahan Daerah Provinsi Maluku,jumat (23/11/2018).

Lebih lanjut Hadi mengatakan bahwa,”Smart Service sebenarnya merupakan jawaban terhadap pelayanan internal pemerintah yang belum optimal,sesuai yang disampaikan pihak Ombudsmen Provinsi Maluku merupakan suatu masukan untuk mendorong Pemda Maluku untuk mengintensitas layanan terpadu,berkualitas yang dihasilkan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) sebagai publik servant,”katanya.

Sementara itu Biro Umum Setda Maluku telah melakukan langkah-langkah strategis yang merangkap penguatan kapasitas yaitu penguatan Knowledge,Skill,Attitude,Soft Skill dan Hard Skill melalui beberapa tahapan terutama ketrampilan teknis, layanan administrasi, layanan asset dan layanan kerumatanggaan yang bertumpu pada sumber daya aparatur tata laksana/SOP,Tools (perangkat Keras dan lunak).

“Kami juga telah melakukan On The Job Training dimaksudkan untuk kemampuan tupoksi Biro Umum itu adalah pelayanan adminstrasi umum dan kerumahtanggaan,sebagai kapasitas melalui Revolusi Mental dan komitmen ASN (Aparatur Sipil Negara) guna mewujudkan layanan internal dan publik menjadi lebih kuat,”jelas Hadi.

Untuk itu,perlu dilakukan upaya-upaya inovasi pelayanan yang bersifat adaptif menujuh pada Smart,”Kami lakukan area perubahan terhadap tata kelola atau tata laksana Standar Operasional,yang meminimalkan keluhan-keluhan publik,”tandas Hadi.

Oleh : Aris Wuarbanaran

 

About admin

Check Also

Disub Maluku Surati Kementerian Perhub,Minta Berih Sangsi Maskapai Terkait Harga Tiket Melebihi Batas Atas

AMBON,N25NEWS.COM-Banyak warga masyarakat yang mengeluh mahalnya harga tiket pesawat menjelang perayaan Hari Natal dan Tahun …