Kepala Sekolah SMP Negeri 6 Ambon Drs Jantje Mahulette spd, Mpd

SMP Negeri 6 Ambon Akan Melaunching Mulok Gandaria

AMBON,N25NEWS.com-Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Ambon dalam waktu dekat ini akan melaunching kan program muatan lokal (Mulok) Gandaria, di mana Gandaria ini Merupahkan tanaman khas Maluku kusunya yang tumbuh di pulau Ambon, pulau Seram dan pulau pulau-pulau Lease.

“Tanaman bersejarah ini harus kembali di lestarikan,sebab tanaman sudah mau hampir punah,”ungkap Kepala Sekolah SMP Negeri 6 Ambon Drs Jantje Mahulette spd, Mpd kepada N25NEWS.com di ruangan kerjanya,kamis (16/01).

Menurutnya, tanaman Gandaria ini, mempunyai manfaat  yang sangat besar misalnya ketika menanam tanaman Gandaria dengan banyak,otomatis bisa di jadikan sebagai Argo wisata dan itu bisa menghasilkan inkam buat sekolah dan pemerintah kota Ambon.

Ia juga menjelaskan, untuk semua dokumen terkait launching kurikulum muatan lokal Gandaria ini sudah siap dan menurut Kepsek pihak sekolah akan mengangkat Gandaria sebagai muatan lokal sebab, selain tanaman ini sudah hampir punah,namun pihak sekola juga telah menyiapkan 14 produk olahan dari Gandaria tersebut.

“Sebelum kita melaunching muatan lokal tersebut,sehari sebelumnya akan ada seminar kusus tentang program ini dan dalam seminar ini, akan di undang Anggota DPRD kota Ambon, kepala-kepala sekolah SMP  se kota Ambon, tokoh pemuda, tokoh adat, tokoh agama dan tentunya pihak SMP negeri  6 Ambon,”jelasnya.

Baca juga :   Cegah Covid-19, Madrasah Terapkan Pembelajaran Daring

“Untuk materi telah di siapkan oleh pihak sekolah sedangkan pemateri sendiri dari pihak Unpatti dan beberapa pemateri lainnya, agar di dalam seminarnya ini kita bisa menkaji beberapa item dari muatan lokal Gandaria ini seperti kajian dari segi manfaat, Faedah, nutrisi dan agro wisata,”ujar Mahulette.

Adapun ia menandaskan ke depannya,setelah muatan lokal Gandaria ini di launching dan mulai di proses dirinya akan kembali mendorong tentang pembuatan Perda kusus oleh Anggota DPRD kota Ambon maupun pemerintah kota Ambon agar di dalam perda tersebut ada poin-poin yang menjelaskan tentang perlindungan pohon Gandaria tersebut.

“Untuk itu dirinya berharap kurikulum muatan lokal ini akan di dukung penuh oleh semua pihak termasuk pemerintah kota Ambon, Anggota DPRD kota Ambon masyarakat umum serta masyarakat dalam hal ini orang tua siswa siswi maupun Alumni dari SMP negeri 6 Ambon sendiri,”tandas Mahulette.

Editor               : Aris W

 

Check Also

Wagub Maluku,Sebagai Organisasi Profesi PGRI Harus Kembangkan Profesionalitas

AMBON,N25NEWS.com-Wakil Gubernur Maluku Drs Barnabas Orno mengatakan,Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI),sebagai organisasi profesi harus selalu …