SMP Negeri 6 Ambon Umumkan Hasil Seleksi Calon Siswa-Siswi Baru

AMBON,N25NEWS.com-Sekolah Menengah Pertama ( SMP) Negeri 6 Ambon pada tanggal 3 Juli 2020 melalui website sekolah telah resmi mengumunkan hasil tes seleksi masuk parah calon siswa siswi di sekolah tersebut dan dari 733 calon siswa baru yang mendaftar pihak sekolah berhasil mendapat 449 siswa baru yang akan menimbah ilmu di lembaga pendidikan yang berlokasih di Kadewatan tersebut.

Namun sebenarnya, 449 siswa baru yang di terima ini melebihi kuota yang telah ditetapkan SMP Negeri 6 Ambon, yakni 432 orang yang harus masuk di sekolah tersebut,dari 733 siswa yang mendaftar

“Sebenarnya kuota kami hanya 432,namun karena calon siswa memiliki pengorbanan kesetiaan yang tinggi di mana mereka sabar menunggu,maka kami menilai mereka mempunyai niat untuk masuk di SMP N 6 Ambon.Atas dasar itu kami bersama panitia memutuskan menambah 17 siswa sehingga menjadi 449 siswa baru yang lolos,”kata Kepala Sekolah SMP 6 Ambon,S.Timisela, S,Pd belum lama ini.

Dijelaskan Timisela,kuota yang telah melebihi target ini tentunya ada 284 calon siswa belum mempunyai kesempatan untuk masuk di SMP N 6 Ambon.Selain itu,dari 449 siswa baru tersebut akan dibagi menjadi 14 kelompok atau 14 kelas dan selama proses pendaftaran sampai pada proses tes masuk sekolah pihaknya dan panitia melayani dengan baik.

Timisela menambahkan dari 449 siswa yang telah di nyatakan lolos seleksi,ada salah satu siswa yang mengikuti seleksi melalui jalur perpindahan orang tua dan siswa yang bersangkutan juga di nyatakan lolos.

“Siswa tersebut memang orang tuanya asli orang Ambon dan beralamat di Negeri Batu Merah Kampung yang melakukan perpindahan dari kota Bogor ke kota Ambon,sehingga anaknya juga harus pindah mengikuti orang tuanya dan siswa yang bersangkutan lolos seleksi untuk bersekolah di SMP negeri 6 Ambon,”ujar Timisela.

Lebih lanjut,Timisela menjelaskan untuk pendaftaran ulang bagi siswa baru di rencanakan dalam waktu dekat ini,setelah menunggu hasil rapat kesepakatan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah ( MKKS) tingkat SMP,agar semua sekolah SMP di Kota Ambon mempunyai satu keputusan yang sama,barulah pihak sekolah mengundang orangtua murid untuk rapat bersama melalui aplikasi zoom.

Adapun,untuk tahun pelajaran baru,akan di mulai pada pada tanggal 13 Juli 2020 sesuai dengan kalender pendidikan.Hanya saja mengingat kota Ambon masih dalam situasi pandemi Covid-19,sehingga mungkin saja para siswa akan tetap belajar dari rumah secara online yang dipandu guru masing-masing mata pelajaran,agar siswa tetap bisa mendapat kebutuhan belajarnya.

Sementara itu,S.Timisela juga menghimbau kepada para calon siswa dan orang tua maupun wali yang anaknya belum mempunyai kesempatan bersekolah di SMP Negeri 6 Ambon janganlah kecewa,sebab hal ini sesuai dengan kesepakatan bersama pada saat pendaftaran secara online.

Selain itu,pihak panitia penerimaan calon peserta didik baru ( PPDB) telah menyiapkan surat peryataan dari orang tua,sehingga jika anaknya tidak diterimah jangan keberatan dan mereka akan tetap di salurkan ke sekolah lain.Jadi janganlah kecewa,sebab apapun yang terjadi anak harus bersekolah karena usia sekolah pendidikan dasar harus wajib bersekolah.

“Untuk itu,saya berharap siswa-siswi yang tidak lolos seleksi di SMP N 6 Ambon,harus tetap semangat,tetap optimis dan harus juga mengikuti perkembangan di Wabsite sekolah.Begitu juga orangtua harus memantau anak-anak dan ikut informasi Wabsite sekolah terkait berita-berita penting dan tentunya orangtua harus juga harus memperhatikan waktu belajar anak,”tandas S.Timisela.

Reporter : Santos Walalayo

Editor : Aris Wuarbanaran

Check Also

Abas Orno,Pancasila Ada Di Dalam Nilai Adat

AMBON,N25NEWS.com-Wakil Gubernur Maluku,Barnabas Nathanel Orno mengatakan nilai-nilai Pancasila ada di dalam nilai-nilai adat.Bahkan Presiden RI …