Breaking News
Dirlalulintas Laut Kemenhub Cpt Wisnu Handoko

Soal Doking Kapal Perintis Pelni Tetap Harus Siapkan Kapal Pengganti

AMBON,N25NEWS.COM – Menanggapi berbagai persoalan yang menyangkut dengan proses doking kapal perintis, sebagai operator dalam hal ini PT Pelni seharus menyiapkan kapal pengganti jika melakukan proses doking kapal.

“Apapun bentuknya pelayanan transpotasi, baik.melaluipelelangan atau penugasan, tetap menjadi tanggungjawab pihak operator menyediakan kapal pengganti, jika ada kapal yang melalukan proses doking,”tegas Dirlalulintas Laut Kemenhub Cpt Wisnu Handoko pada awak media belum lama ini.

Untuk itu peran media dapat membantu menginformasikan kepada kami, sebab rata-rata kami dipusat tidak mengetahui apa yang terjadi dilapangan, sehingga peran media sangat dibutuhkan.
Menurutnya, didalam kontrak kapal Perintis sebagai penugasan, PT Pelni maupun pihak swasta berkewajiban menyediakan kapal pengganti dan itu merupakan suatu kewajiban dari operator kapal.

‘Jadi Dirlala itu posisinya ada di Jakarta, kami minta bantuan media untuk mengawasinya, jadi operatornya juga harus diawasi, mana kala dia tidak menyediakan kapal pengganti, karena prinsipnya trayeknya tidak boleh kosong, sehingga hukumnya wajib menyediakan kapal pengganti,”pintanya.

Disinggung soal penugasan Pelni sebagai operator kapal Perintis kata Handoko, bahwa penugasan itu dilakukan, karena BUMN dalam hal ini PT Pelni mekanismenya lebih cepat dibandingkan pihak swasta.

Selain itu jika terjadi bencana contohnya di Palu. Pelni secara mekanisme dapat lebih dulu bekerja dan kalau swasta pasti agak ribet sebab masih ada hitung-hitungan soal BBM, tapi Pelni begitu diperintah tetap jalan lebih duluh.

Reporter : Gali M

Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Sejumlah Organisasi  Pemuda Minta,Menteri  Dari Maluku Harus Dari Kalangan Pengusaha atau Birokrat Murni

AMBON,N25NEWS.COM – Apa yang di suara sejumlah Organisasi Kepemudaan di Maluku hari ini (8/7),dengan menyampaikan …