Home / Kab.SBB / Soal Pembangunan Rumdis DPRD SBB, Rotasouw Memilih Prioritaskan Kepentingan Rakyat
Ketua DPRD Kabupaten SBB, Julius Hans Rutasouw

Soal Pembangunan Rumdis DPRD SBB, Rotasouw Memilih Prioritaskan Kepentingan Rakyat

PIRU,N25NEWS.COM  –  Pembangunan Rumah Dinas (Rumdis) untuk pimpinan maupun anggota  DPRD Kabupaten SBB, meskipun dinilai penting pasalnya dengan keberadaan  Rumdis tersebut maka Anggota legilatif SBB yang selama ini tersebar di seluruh Kabupaten SBB, bahkan kemungkinan  ada yang berdomisili di luar Kabupaten SBB, dapat berdomisili di Ibukota Kabupaten,Piru.

Ketua DPRD Kabupaten SBB, Julius Hans Rutasouw saat ditemui di Gedung DPRD SBB, pada Senin,(3/12/2018) menyatakan, meskipun keberadaan rumah dinas DPRD SBB sangat vital, karena   selain telah   diamanatkan dalam Undang-Undang juga menjadi ikon dari Kabupaten,  tetapi dirinya memilih untuk penggunaan  Anggaran Daerah diprioritaskan bagi  kepentingan kesejahteraan rakyat.

“Sebenarnya Katong harapkan seperti itu, karena atas perintah Undang-Undang tetapi kalau belum bisa maka Kita prioritaskan dulu kebutuhan Masyarakat” ungkap Rutasouw.

Bahkan karena  kepeduliannya terhadap efisiensi penggunaan anggaran, maka Rutasouw menyoroti   pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten SBB, dimana Pemkab diminta untuk tidak  memfokuskan pembangunan pada jalan yang berstatus diluar kewenangannya, tetapi memprioritaskan  pada ruas Jalan  Kabupaten yang merupakan Aset Daerah.

“Ya itu harus diarahkan kesana, karena pembangunan harus pada skala prioritas dalam rangka menjawab kebutuhan Daerah, khususnya kebutuhan Masyarakat” cetusnya.

Rutasouw menyatakan, terkait dengan status  jalan, ada tiga kategori yakni, Jalan Nasional, Jalan Provinsi dan Jalan Kabupaten untuk membenahi jalan yang diluar kewenangan boleh saja asalkan kemampuan finansial Pemda  sudah bisa mengakomodir kebutuhan Kabupaten,”barulah Kita bergeser ke situ(jalan di luar kewenangan Kabupaten)” tegasnya.

Rutasouw  jugamengakui, Pembangunan Rumdis DPRD  selain mengurangi biaya transportasi anggota DPRD,  pengadaan Rumdis DPRD juga dapat memperpendek jarak rentang kendali pelaksanaan tugas dan tanggung jawab Anggota DPRD, karena itu jika keuangan Daerah memungkinkan, maka paling tidak Pemda sudah bisa memprioritaskan Rumdis  bagi  unsur Pimpinan DPRD Kabupaten SBB dulu.

Disingung apakah di Tahun 2019 Pembangunan Rumdis DPRD sudah dapat terrealisir, Rutasouw menyatakan target tersebut sulit tercapai, karena kondisi Keuangan Daerah belum memadai, karena itu Ia mengharapkan Daerah kreatif dalam menciptakan sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Karena Kita punya PAD terbatas, maka Kita hanya membangun dengan dana Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pempus,harusnya Daerah  bisa menciptakan objek-objek pendapatan daerah yang bisa  mendongkrak PAD sehingga  menambah anggaran untuk membangun Daerah ini” kunci Rutasouw .

Penulis    :  Nicko Kastanja

About admin

Check Also

Pansus 1 Uji Public RJUK

AMBON, N25NEWS.COM – Panitia Khusus (Pansus) 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Uji Public Rancangan …