Breaking News
Dinas Sosial Provinsi Maluku,Sartono Pinning

Sosialisasi SLRT Bentuk Penguatan Penanganan Kemiskinan Di Maluku

AMBON,N25NEWS.COM-Dalam rangka peningkatan kapasitas pelaksanaan Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT),maka Pemda Maluku,melalui Dinas Sosial Provinsi Maluku menggelar sosialisai sebagai bentuk penguatan penanganan kemiskinan.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Sosial Provinsi Maluku,Sartono Pinning,ketika di temui  awak media disela-sela acara sosialisasi SLRT tersebut yang berlangsung  di Hotel Santika Premire Ambon,rabu (7/8/2019).

“Kita lakukan sosialisasi SLRT ini bertujuan untuk lebih meningkatkan efektifitas,serta efisien perlindungan sosial di Maluku baik kemiskinan kerentanan dan kesenjangan sosial,”kata Pinning.

Sebab menurutnya program penanggulangan kemiskinan ini merupakan tanggung jawab bersama dari seluruh sektor,bahkan termasuk dunia usaha maupun masyarakat.

tentunya ini sangat terkait dengan membangun sistem,dimana kegiatan ini untuk sosialisasi sistem layanan rujukan terpadu adalah merupakan pengembangan dari satu sistem yang telah dibangun lebih dulu yaitu sistem informasi mesk generation yang berkerja untuk mengidentifikasi,verifikasi sasaran-sasaran penerima bantuan.

“Jadi sistem ini bekerja untuk kita memastikan bahwa setiap orang yang akan menerima bantuan dari pemerintah itu benar-benar tepat sasaran,”tuturnya

Adapun kegiatan sosialisasi SLRT ini adalah merupakan pengembangan,dimana sistem ini bekerja untuk mengidentifikasi seluruh permasalahan orang miskin,kemudian bisa merujuk baik kepada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk kemudian bisa melakukan langkah-langkah penanganan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dari masing-masing sektor yang ada.

Sementara itu,jumlah penerima bantuan di Maluku,yakni keluarga penerima manfaat itu berjumlah 125.818 keluarga penerima manfaat yang pendekatannya ini bisa pendekatan secara kepala keluarga dan juga bisa pendekatan secara individu,tinggal tergantung program apa yang mau dilakukan.

“Saya kira upaya-upaya untuk lakukan ini sudah jelas,dimana rilisan BPS itu kita sudah mengalami angka sedikit penurunan kemiskinan walaupun mungkin masih dalam angka nol sekian persen,tapi yang pasti sudah menurun,”tandasnya.

Dengan demikian hal ini tidak lain dalam rangka mempercepat upaya untuk mewujudkan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur yaitu Maluku yang terkelola secata jujur,bersih  melayani,terjamin dalam kesejahteraan dan berdaulat atas gugusan kepulauan.

Reporter    : Aris Wuarbanaran

Editor       : Redaksi

About admin

Check Also

Jasa Raharja Serakan Santunan Meninggal Dunia Sebesar 50 Juta Bagi Keluarga Tuwo

AMBON,N25NEWS.COM – Kepala PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Maluku, M. Iqbal Hasanuddin, bersama Kasatlantas Polres …