Sosialisasi  Strategi Meraih  WBK/WBBM Balai POM Di Ambon

AMBON,N25NEWS.com -WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) merupakan predikat yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refomasi Birokrasi (Kementerian PAN dan RB) kepada unit kerja di instansi pemerintah yang menyelenggarakan fungsi pelayanan sesuai dengan Perpres Nomor 81 Tahun 2010.

Untuk mencapai predikat WBK dan WBBM, unit kerja harus terlebih dahulu membangun Zona Integritas (ZI). Zona Integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik sesuai dengan PermenPANRB Nomor 52 Tahun 2014 yang telah diperbaharui dengan PermenPANRB Nomor 10 Tahun 2019.

Dalam rangka mempercepat Reformasi Birokrasi (RB) menuju WBK/WBBM, diperlukan adanya pemahaman yang sama tentang pembangunan ZI di Unit Kerja Instansi Pemerintah, tidak terkecuali Balai POM di Ambon yang sudah melakukan pencanangan ZI sejak 10 Juni 2019. Pencangan tersebut sesuai dengan PermenPANRB Nomor 10 Tahun 2019 merupakan tahapan awal yang harus dilalui dalam proses pembangunan ZI di Lingkungan Instansi Pemerintah dalam meraih predikat WBK/WBBM.

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka Rabu (22/01/2020) bertempat di Aula Kantor Balai POM di Ambon dilaksanakan Sosialisasi “Strategi Meraih WBK/WBBM” yang diikuti oleh seluruh Pejabat Struktural dan Staf Balai POM di Ambon. Inspektur II Inspektorat Badan POM, Dra. Zulaimah, Apt, M.Si, turut hadir dalam kegiatan ini sebagai narasumber dan memaparkan bahwa ada lima langkah strategi membangun ZI, yakni komitmen, kemudahan pelayanan, program yang menyentuh masyarakat, monitoring dan evaluasi, serta manajemen media.

Dra. Hariani, Apt selaku Kepala Balai POM di Ambon dan Tim Manajemen RB dari enam area perubahan juga berkesempatan berdiskusi bersama dengan Tim dari Inspektorat II Badan POM membedah Lembar Kerja Evaluasi Penilaian Mandiri Pelaksanaan RB beserta kelengkapan data dukungnya dalam rangka pembangunan ZI Balai POM di Ambon menuju WBK/WBBM.

Balai POM di Ambon akan terus berkomitmen untuk melaksanakan RB menuju predikat WBK/WBBM dengan target WBK tahun 2020 dan kiranya harapan ini mendapatkan dukungan dari semua pihak serta dirahmati oleh Tuhan Yang Maha Esa (HLN)

Inovasi BPOM Semakin Dekat Melayani Anda
Konsumen Cerdas Ingat Cek KLIK

Kontributor: Balai POM di Ambon

Check Also

Tingkatkan Pelayanan Publik, BPOM Ambon Hadirkan Inovasi Unggulan PTSP Dan UMKM Jumping

AMBON,N25NEWS.com- Dalam rangka peningkatan pelayanan publik, mulai tanggal 31 Januari 2020 atau bertepatan dengan HUT …