Home / Ekonomi / Stasiun Karantina Kelas I Ambon Musnahkan 30 Benih Ilegal Asal Belanda

Stasiun Karantina Kelas I Ambon Musnahkan 30 Benih Ilegal Asal Belanda

AMBON,N25NEWS.COM – Stasiun Karantina Kelas I Ambon,memusnahkan 30 benih illegal dari Belanda di Halaman Kantor SKP Kelas I Ambon jumat (8/12/2017).

Kepala Stasiun Karantina Kelas I Ambon,Jumrin,SP,M.Si. mengatakan bahwa tertanggal 11 Oktober 2017 lalu, Pihak Bea Cukai Ambon menyerahkan sejumlah benih illegal asal Belanda yang masuk via Bandara Pattimura Ambon.

Penyerahan tersebut kata Jumrin di wakili oleh drh. Nanang Handayono, M.Si selaku Kasubsi Yanop di dampingi Tariyani, SP Korfung Karantina Tumbuhan.

“Serah terima barang ini termaktub dalam berita acara serah terima barang nomor S-331/WBC.16/KPP.MP.01/2017 tertanggal 11 Oktober 2017 dari Bea Cukai Ambon,”Jumrin,SP,M.Si.

Di katakannya bahwa Benih tersebut terdiri 30 bungkus dengan rincian Benih sayuran sebanyak 18 bungkus, Benih tanaman buah 5 bungkus dan Benih aneka bunga sebanyak 7 bungkus dengan total semua 30 bungkus.

“Benih ini masuk tanpa dilengkapi sertifikat kesehatan tumbuhan (phytosanitary certificate) dari Negara asal sehingga tidak terjamin kesehatannya, bahkan benih tersebut mengandung hama penyakit yang bisa merusak pertanian di Ambon dan sekitarnya,” Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Ambon saat di wawancarai usai Pemusnaan 30 bungkus benih illegal.

Lanjut Jumrin,Surat Ijin Pemasukan Benih (SIP) dari Menteri Pertanian untuk ijin pemasukan benih dari luar negeri juga tidak dilengkapi sehingga hari ini. Dan pihaknya melakukan tindakan karantina berupa pemusnahan dengan cara dibakar yang disaksikan oleh Bea dan Cukai, Kantor Pos, Ditreskrimsus Polda Maluku, Polsek Kawasan Pelabuhan, Avsec Bandara, BKSDA Maluku dan instansi terkait lainnya.

 

 

 

About admin

Check Also

Perkuat Iman, Pesparani Nasional I Resmi Launching Di Ambon Oleh : Amy Latuny

AMBON,N25NEWS.COM – Untuk pertama kalinya, Pesta Paduan Suara Gerejani Nasional (PESPARANI) resmi di launching di …