Breaking News

Sudah 5 Bulan Harga Cabai Rawit Merah Masih Mahal Di Pasar Ambon

AMBON,25NEWS.COM-Puasa memasuki hari kedua,tetapi harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kota Ambon kian meroket.Melonjaknya harga-harga kebutuhan pokok ini karena pada sentra produksi mengalami kendala akibat hujan dan banjir.

Kenaikan yang paling signifikan terjadi pada komoditi cabai rawit merah yang mana  kenaikan harganya kian meroket hingga mencapai Rp.80.000 per kg,hingga Rp.100.000 per kg di pasar Mardika Ambon,selasa (7/5/2019).

“Yang paling mahal untuk kelompok bumbu-bumbu yakni cabai rawit merah,yang mana harga cabai rawit merah ini sudah 5 bulan mengalami kenaikan yang sangat masif.Bayangkan saja ketika stok cabai rawit merah ini masuk langsung diborong habis pedagagang,bahkan ada yang pembeli yang nekat mengambil dengan harga Rp.100.000 per kg,”ucap Darwis pedagang di pasar Mardika Ambon.

Kemudian dikatakan Darwis,harga bumbu lainnya yang mengalami kenaikan yakni bawang merah yang per kilonya mencapai Rp.48.000,sementara bawang putih mencapai Rp.55.000 per kg.

Menurut Darwis kenaikan harga cabai rawit merah dan bawang ini,khususnya cabai rawit merah,karena stok dari sentra produksi terbatas,sehingga kebanyakan para pedagang menjual stok yang lama.

Selain itu,faktor cuaca yang tidak bersahabat juga menjadi penyebab petani mengalami gagal panen dan berimbas pada pasokan barang yang kurang sementara permintaan tetap tinggi.

“Persediaan komoditi cabai rawit merah dan bawang ini sangat sedikit,karena sebagian besar petani pada sentra produksi ada yang gagal panen,”kata Darwis.

Reporter      : Aris Wuarbanaran

Editor         : Redaksi

About admin

Check Also

Harga Kebutuhan Pokok Di Pasar Ambon Mulai Turun

AMBON,N25NEWS.COM-Sejumlah harga kebutuhan pokok di beberapa pasar tradisional di Kota Ambon mulai mengalami penurunan,selasa (30/7/2019). …